CSR merupakan komitmen perusahaan untuk bertindak etis terhadap pemangku kepentingan secara langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan para pihak yang terkait dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan dari aktivitas perusahaan. CSR dipahami sebagai kewajiban pemenuhan aturan yang harus dilakukan perusahaan tanpa memahami esensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program CSR di PT Bio Farma berdasarkan observasi di lapangan, merekomendasikan strategi yang tepat sasaran dan tujuan dalam implementasi CSR bagi perusahaan di Desa Sukamulya, Kabupaten Sukabumi. Secara umum metode kerja dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap evaluasi menggunakan kerangka konseptual dengan analisis deskriptif serta rekomendasi teknis dan tahap penyusunan rekomendasi strategi, menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan sintesis kerangka konseptual, dari 17 kriteria, sebanyak 12 telah dipenuhi oleh implementasi CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya dengan hasil yang memuaskan. Analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi strategis CSR PT Bio Farma di Desa Sukamulya adalah Agressive (poin 3,25; 2,20). Berdasarkan hasil tersebut, maka usulan strategi pengembangan yang dapat diterapkan, yaitu mengembangkan pertanian terpadu yang terintegerasi dengan budidaya ikan koi, meningkatkan produktivitas budidaya ikan koi, agar dapat dipasarkan lebih luas di dalam dan luar negeri dan membuka lapangan kerja yang baru berdasarkan potensi desa di bidang pertanian dan perikanan Kata kunci : CSR, Implementasi, BUMN
Copyrights © 2015