Jurnal Sosioteknologi
Vol. 16 No. 1 (2017)

BLOGGER DAN DIGITAL WORD OF MOUTH: GETOK TULAR DIGITAL ALA BLOGGER DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL

Rulli Nasrullah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Getok tular digital atau digital word of mouth merupakan salah satu strategi komunikasi pemasaran di era digital. Pemanfaatan para penulis jurnal harian online atau sering disebut dengan blogger dapat mendeskripsikan bagaimana pengalaman pribadi mereka terkait citra sebuah merek (brand folklore) dengan cara yang lebih personal dibandingkan dengan iklan-iklan pemasaran konvensional maupun berita di media massa. Riset yang menggunakan contoh kegiatan uji coba gawai dari OPPO Indonesia dan komunitas blogger #kelasblogger ini diurakan dengan menggunakan etnografi virtual. Salah satu upaya yang dilakukan oleh blogger adalah selain dengan publikasi di blog, juga menyebarkan aktivitas saat itu juga melalui akun-akun media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Akun media sosial tersebut juga sebagai saluran untuk menyebarkan tautan (link) konten yang telah terpublikasi di blog. Kata kunci : blogger, merek, iklan, media sosial, etnografi virtual 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sostek

Publisher

Subject

Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and ...