Jurnal Sosioteknologi
Vol. 16 No. 3 (2017)

KAJIAN JURNAL BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BAGI ANAK

Imaniar Rizki Waridha (Bandung Institute of Technology)
Riama Maslan (Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia FSRD ITB)
Hafiz Aziz Ahmad (Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia FSRD ITB)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Banyak penelitian menemukan gambar merupakan media favorit anak dalam menyampaikan ide atau emosinya, tetapi tidak sedikit orang dewasa yang masih salah mengartikan maksud gambar anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana jika gambar anak dikombinasikan dengan tulisan dalam jurnal visual, apakah kombinasi tersebut mampu menyampaikan ide atau emosi anak dengan lebih baik. Eksperimen dilakukan dengan sampel 22 anak kelas 3 SD di Kota Bandung dengan 1 wali kelas mereka. Anak diajak untuk mengungkapkan ide atau emosi mereka ke dalam sebuah jurnal, yang kemudian dikelompokkan menjadi jurnal berisi gambar saja, tulisan saja, dan kombinasi gambar tulisan. Wali kelas menilai jurnal menggunakan kuesioner yang disusun peneliti dan psikolog anak berdasar pada penelitian naratif Jennifer New tentang jurnal visual. Kuesioner dengan 5 skala Likerts tersebut mengukur fungsi jurnal sebagai sarana observasi, refleksi, eksplorasi, dan kreasi pada lingkup kehidupan sosial anak di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal visual terbukti lebih berpengaruh terhadap komunikasi anak dibandingkan jurnal dengan gambar saja atau jurnal dengan tulisan saja. Penyampaian ide atau gagasan (kreasi) anak terlihat paling menonjol dalam jurnal visual buatan anak. Oleh karena itu, jurnal visual dapat menjadi media yang tepat untuk menyampaikan ide atau gagasan anak kepada orang dewasa di sekitar mereka.Some previous studies found that drawings are the most preferred media for children to convey their ideas and emotion; however, their messages through drawings are often misinterpreted by adults. This study was conducted to investigate whether drawings accompanied by textual content in a visual journal could better disseminate children's opinion and emotion. The experiment was carried out by collecting samples taken from 22 third graders in Bandung. Their homeroom teacher was also recruited in this study. These children were invited to express their ideas or emotion in a journal whichwas further divided into three categories, namely a journal depicting visuals only, a journal containing text only, and a journal composed of both. The home teacher evaluated these journals using a-5-point- Likert scale in order to assess the function of the journal as an avenue for the children to observe, reflect, explore, and create their social life in the school. The fndings showed that the visual journal was more influential than the visual only and the text only journals. Furthermore, the visual journal was able to strongly disseminate the children's ideas and creation. Therefore, the visualjournal can be an appropriate media to convey children's idea and emotion to adults.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sostek

Publisher

Subject

Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Sosioteknologi is a journal that focuses on articles that discuss results of an intersection of research fields of science, technology, arts, and humanities as well as the implications of science, technology, and arts on society. It is published three times a year in April, August, and ...