Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 7 guru, 21 siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru di SDN 02 Banjaran Jepara berjalan dengan baik, seperti dalam penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas diantaranya hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri. Sedangkan pada tahap merancang lingkungan fisik kelas, guru memiliki gaya mengajar berbeda di tiap kelas, dan guru sudah mampu menciptakan iklim positif dalam pembelajaran yang efektif.Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Guru, Proses Pembelajaran
Copyrights © 2020