Kampus STKIP Kie Raha mempunyai fasilitas mendukung dalam kegiatan belajar mengajar, namun kegiatan praktikum belum efektif digunakan. Untuk memenuhi peningkatan mutu pendidikan diperlukan pengajaran yang efektif. Pendidik harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif. Dalam pembelajaran mahasiswa ikut dalam pembentukan konsep dan memotivasi belajar dalam melatih keterampilan kognitif,afektif dan psikimotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuo pengaruh penerapan tugas awal tertulis dalam kegiatan praktikum terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksperimental dengan desain Redomized Control Group Pretest Posttest Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pengumpulan data dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A,B,C, dan D yang ditentukan secara random dalam tiap kelompok. Setelah tes awal maka pada kelompok A dilakukan pengajaran dengan kegiatan praktikum fisika dasar I sedangkan kelompok B,C dan D dilakukan pengajaran dengan tugas awal tertulis sebelum kegiatan praktikum berlangsung. Pada akhir pembelajaran ketiga kelompok diberi posttest yang sama dan analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata terhadap kelompok eksperimen dan control adalah berturut-turut t=4,52, t-4,66,t=10,67, sedangkan nilai t table dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,00. Hal ini dapat dinyatakan bahwa tugas awal tertulis dalam kegiatan praktikum mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa
Copyrights © 2020