Nazharat: Jurnal Kebudayaan
Vol 26 No 02 (2020): NAZHARAT: Jurnal Kebudayaan

KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI BERDASARKAN “THE SEVEN PILLARS OF INFORMATION LITERACY”

Rezki Sulasari (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Indonesia)
Wenny Dastina (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Indonesia)
Rory Ramayanti (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang dengan pesatnya, mau tidak mau mengubah pola pencarian informasi yang telah berkembang saat ini. Sebelum boomingya internet, masyarakat telah mengenal media massa. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang peristiwa yang terjadi disekelilingnya atau bahkan dipenjuru dunia yang jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pemahaman literasi informasi mahasiswa saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literacy model. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Program Studi Sejarah Peradaban Islam semester enam Universitas Islam NegeriSulthan Thaha Saifuddin Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam semester enamUniversitas Islam NegeriSulthan Thaha Saifuddin Jambi rata-rata sudah memahami literasi informasi hanya saja dari sudut pandang yang berbeda dalam mengartikan literasi informasi itu sendiri membuat pemikiran mereka sempit akan pengetahuan literasi informasi. Pemahaman literasi informasi mahasiswa saat mengakses informasi berdasarkan the seven pillars of information literacy model maka terdapat 5 cukup baik dan 2 standar dari mahasiswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa para mahasiswa tergolong cukup baik dalam melakukan 7 komponen literasi informasi berdasarkan (the seven pillars of information literasi).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nazharat

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal Nazharat memuat tulisan-tulisan yang terkait dengan ilmu-ilmu yang dikembangan oleh Fakultas Adab dan Humaniora, yang meliputi kajian bahasa, sejarah, dan pustaka. Fokus Fokus tulisan adalah memberikan wawasan dan informasi baru yang terkait dengan ilmu-ilmu kebahasaan, ...