Mandalika Mathematics and Educations Journal
Vol. 2 No. 1 (2020): Edisi Juni

Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FE UNISLA)

Elvierayani, Rivatul Ridho (Unknown)
Choiroh, Fisati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Plastic has become a part of human daily life. Its non-recyclable nature makes many questions arise about safe plastic used as a container for food and drinks. So many consumers are interested in buying products made from plastic that are safe for health and friendly to the environment. This study aims to analyze and discuss the effect of green products and green prices on consumer buying interest in tupperware products (case study in Management students of the Faculty of Economics, Lamongan Islamic University). The research method used is quantitative research. The sample used is nonprobability sampling with a purposive sampling technique with a total of 100 respondents. Data analysis used was validity, reliability, classic assumption test and multiple linear regression using SPSS 20. Mathematics models for the influence between green products and green prices on Tupperware products is . The results showed that there was a positive influence between green products and green prices on Tupperware products on buying interest of Lamongan Islamic University management students. The results of the coefficient of determination () of 0.332, meaning that green products and green prices contribute to influence consumer buying interest by 33.2% while the remaining 66.8% is influenced by other variables outside the variables studied by researchers.AbstrakPlastik sudah menjadi bagian keseharian manusia. Sifatnya yang tidak bisa didaur ulang menjadikan banyak pertanyaan yang muncul seputar plastik yang aman digunakan sebagai wadah untuk makanan dan minuman. Sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk berbahan plastik yang aman bagi kesehatan maupun ramah terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan membahas pengaruh green product dan green price  terhadap minat beli konsumen pada produk tupperware (studi kasus pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.  Sample yang digunakan merupakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 20. Model matematika diperoleh  sebagai representasi pengaruh green product dan green price terhadap minat beli konsumen pada produk Tupperware. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara green product dan green price pada produk tupperware terhadap minat beli mahasiswa manajemen Universitas Islam lamongan. Hasil nilai koefisien determinasi  sebesar 0,332, artinya green product dan green price berkontribusi mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MANDALIKA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Mandalika Mathematics and Education Journal adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun kajian ...