Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 1, No 1 (2020): Juli

Artificial Neural Network Dalam Mengidentifikasi Penyakit Stroke Menggunakan Metode Backpropagation (Studi Kasus di Klinik Apotik Madya Padang)

Jovi Antares (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Stroke merupakan penyakit neurologis yang menyerang sistem syaraf otak manusia. Stroke mengakibatkan bagi penderitanya mengalami kelumpuhan, baik itu kelumpuhan sebahagian maupun lumpuh total. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit stroke menggunakan pengenalan pola yaitu Jaringan Syaraf Tiruan metode Backpropagation. Variabel yang digunakan untuk nilai input adalah ciri-ciri penyakit stroke dan data rekam medis yang dijadikan sebagai data pelatihan dan data pengujian. Pelatihan dan pengujian digunakan pada sebuah aplikasi perangkat lunak yaitu Matlab 6.5. Pelatihan dan pengujian tersebut menggunakan pola yang berbeda-beda sehingga akan menghasilkan sebuah perbandingan antar pola Jaringan Syaraf Tiruan. Parameter yang digunakan adalah memberikan nilai learning rate sebesar 0.1, nilai goal sebesar 0.01, dan jumlah epochs maksimal sebanyak 5000 epochs. Fungsi aktivasi yang digunakan adalah sigmoid biner yang sering digunakan untuk Jaringan Syaraf Tiruan yang membutuhkan nilai output yang terletak antara 0 dan 1.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

djtechno

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research Jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Dharmawangsa, Medan, Indonesia. Jurnal Djtechno terbit pertama kali Vol 1. No.1 Juli Tahun 2020, jurnal ini ...