cover
Contact Name
Amru Yasir
Contact Email
amruyasir@dharmawangsa.a.c.id
Phone
+6282304690083
Journal Mail Official
s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190 Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : 27768546     EISSN : 27453758     DOI : 10.46576/djtechno
Djtechno: Journal of Information Techhnology Research Jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Dharmawangsa, Medan, Indonesia. Jurnal Djtechno terbit pertama kali Vol 1. No.1 Juli Tahun 2020, jurnal ini membahas tentang topik-topik yang berkenaan dengan Bidang Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Dan Komunikasi. Jurnal Program Studi Teknologi Informasi terbit sebanyak 2x dalam 1 tahun yaitu per 6 bulan sekali (Juli dan Desember)
Articles 105 Documents
SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG PADA PT. BENUA SAMUDERA KARGO Welnof Satria
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i2.971

Abstract

Data Pada era globalisasi sekarang ini perkembangan di segala bidang semakin pesat, termasuk sistem informasi informasi expedisi. Expedisi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman, dalam kegiatan jasa pengiriman menggunakan banyak sekali alat bantu. Karena segala aktifitas pembuatan surat–surat, pencatatan dan penyimpanan data sebagian besar menggunakan komputer. PT. Benua Samudera Kargo adalah perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang melalui darat dan laut. Perusahaan ini masih menggunakan sistem manual dalam penyediaan informasi dan kegiatan administrasi nya. Seiring dengan perkembangan usahanya, pengelolahan data masuk dan keluar harus ditangani karyawan baik proses pengiriman ataupun adminitrasi juga menjadi semakin banyak. Dalam menghadapi persoalan diatas, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang cepat, tepat dan akurat dalam pengiriman barang dan pembuatan sistem adminitrasi pada PT. Benua Samudera Kargo dengan menggunakan komputer sebagain alat bantu untuk meningkatan pelayanan kepada customer. Dengan pembuatan sistem informasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalah yang dihadapi perusahaan selama ini.
Artificial Neural Network Dalam Mengidentifikasi Penyakit Stroke Menggunakan Metode Backpropagation (Studi Kasus di Klinik Apotik Madya Padang) Jovi Antares
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2020): Juli
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i1.965

Abstract

Stroke merupakan penyakit neurologis yang menyerang sistem syaraf otak manusia. Stroke mengakibatkan bagi penderitanya mengalami kelumpuhan, baik itu kelumpuhan sebahagian maupun lumpuh total. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit stroke menggunakan pengenalan pola yaitu Jaringan Syaraf Tiruan metode Backpropagation. Variabel yang digunakan untuk nilai input adalah ciri-ciri penyakit stroke dan data rekam medis yang dijadikan sebagai data pelatihan dan data pengujian. Pelatihan dan pengujian digunakan pada sebuah aplikasi perangkat lunak yaitu Matlab 6.5. Pelatihan dan pengujian tersebut menggunakan pola yang berbeda-beda sehingga akan menghasilkan sebuah perbandingan antar pola Jaringan Syaraf Tiruan. Parameter yang digunakan adalah memberikan nilai learning rate sebesar 0.1, nilai goal sebesar 0.01, dan jumlah epochs maksimal sebanyak 5000 epochs. Fungsi aktivasi yang digunakan adalah sigmoid biner yang sering digunakan untuk Jaringan Syaraf Tiruan yang membutuhkan nilai output yang terletak antara 0 dan 1.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DI KANTOR CAMAT MEDAN DELI Jovi Antares
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i2.972

Abstract

Kecamatan merupakan suatu organisasi pemerintahan yang terdiri dari beberapa kelurahan, dan setiap bulannya masing masing kelurahan wajib melaporkan mengenai data-data kependudukannya kepada kecamatan. Pengolahan data kependudukan yang dilakukan oleh kelurahan saat ini masih berjalan dengan manual dimana mesin tik dan buku catatan merupakan alat utama dalam melakukan proses pegolahan data penduduk sehingga sering terjadi banyak kesalahan dalam melakukan proses pelaporan data penduduk tiap bulannya kepada kecamatan. Untuk mengatasi masalah diatas, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mempermudah proses penginformasian data kependudukan dan efisiensi bagi pegawai kecamatan dalam melakukan update data tanpa harus menunggu laporan bulanan dari masing masing kelurahan,  mempermudah pegawai kelurahan dalam melakukan pengolahan dan pelaporan data kependudukan sehingga dapat mempengaruhi optimalisasi proses kerja pegawai kecamatan. Berdasarkan latar belakang diatas maka dibuat judul “Rancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web di Kantor Camat Medan Deli”
JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION UNTUK PERAMALAN PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS DI METRO ELECTRONIC DAN FURNITURE) Welnof Satria
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2020): Juli
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i1.966

Abstract

Metro Electronic dan Furniture adalah perusahaan yang berkembang dibidang penjualan elektonik dan perabotan. Perusahaan ini sangat menginginkan peningkatan laba di setiap bulannya, sehingga suatu aplikasi sangat dibutuhkan perusahaan ini untuk menentukan prediksi penjualan produk ditiap bulannya. Sistem jaringan syaraf tiruan menggunakan metode backpropagation yang diterapkan dalam penelitian ini untuk peramalan penjulan produk dan diharapkan dapat membantu memecahkan masalah dalam peramalan penjualan produk. Peramalan produk dengan demikian hasil yang diharapkan adalah mendapatkan prediksi pada bulan selanjutnya yang akurat untuk penjualan produk di Metro Electronic dan Furniture Sungai Penuh. Dalam proses pengolahan data yang berkaitan dengan peramalan, pola peramalan sesuai dengan yang ditetapkan oleh algoritma backpropagation. Sistem jaringan saraf tiruan menggunakan metode backpropagation diimplementasikan menggunakan Matlab sebagai software yang mendukung dengan data penjualan produk pada tahun 2014 sampai tahun 2016.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENERIMA BANTUAN BERAS MISKIN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS Sabrina Aulia
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i2.973

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memiliki masyarakat kurang mampu. Untuk itu, sesuai dengan program pemerintah yang  ingin membantu masyarakat miskin maka, pemerintah memberikan langsung bantuan kepada masyarakat berupa RASKIN. Dalam menentukan penerimaan raskin banyak kriteria-kriteria yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat untuk mendapatkannya. Dalam hal ini Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu memberikan solusi dalam menentukan masyarakat yang berhak menerima raskin. Metode TOPSIS merupakan metode yang digunakan dalam mendukung sistem ini. Metode ini mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan sistem ini, diharapkan proses penerimaan bantuan raskin dapat menghasilkan data yang sesuai dengan keadaan ekonomi penerima raskin. Sehingga pemberian raskin dapat menjadi lebih efektif dan efisien. 
PENERAPAN ALGORITMA C 4.5 DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI KINERJA FASILITATOR PAMSIMAS (STUDI KASUS DI KABUPATEN KAMPAR) Zelvi Gustiana
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2020): Juli
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i1.967

Abstract

Evaluasi kinerja merupakan metode dan proses penilaian dari pelaksanaan tugas seseorang atau sekelompok orang (fasilitator) dalam satu perusahaan atau organisasi. Evaluasi kerja fasilitator telah memiliki standar yang telah ditetapkan.  Kualitas kinerja fasilitator diukur berdasarkan kriteria tersebut. Penelitian ini bertujuan membantu dan mempermudah penilai dalam mengevaluasi kinerja fasilitator PAMSIMAS dengan menerapkan Data Mining yaitu Algoritma C4.5 sebagai Sistem Pendukung Keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode algoritma C4.5 dengan menggunakan atribut hasil evaluasi sebagai atribut label tujuan sebanyak 4 buah sub-atribut, yaitu: Sangat baik, baik, cukup dan buruk. Penilitian ini menghasilkan pohon keputusan dari 20 berupa value atribut tujuan hasil evaluasi, algoritma C4.5 dapat merepresentasikan sebanyak 13 pohon keputusan dari value atribut tujuan hasil evaluasi dan persentasi akurasi dari pengujian adalah sebesar 50%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu algoritma C4.5 membantu mengklasifikasikan hasil evaluasi kinerja berdasarkan atribut waktu, kelengkapan isian data, respon perbaikan dan tanggung jawab dalam tim. Penelitian dapat membentuk pohon keputusan yang dapat memberikan informasi hasil evaluasi kinerja fasilitator PAMSIMAS Kabupaten Kampar.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA KARYAWAN PT. SOCFIN INDONESIA MEDAN Zelvi Gustiana
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i2.974

Abstract

PT. Socfin Indonesia merupakan salah satu instansi yang telah memanfaatkan komputer sebagai media dalam melaksanakan kegiatannya. Namun jenis sistem yang digunakan sangat memungkinkan timbulnya berbagai kerumitan untuk menyajikan suatu informasi cepat dan mudah, khususnya untuk mendata suatu informasi data karyawan, informasi dan data penggajian pada Instansi ini. Hal ini tentu saja dapat dicegah dengan membuat suatu program sistem informasi yang handal sebagai pemproses dan penyimpan data. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, penulis tertarik untuk merancang sebuah sistem informasi data karyawan pada PT. Socfin Indonesia, dimana sebelumnya pendataan karyawan masih dilakukan dengan secara manual yang sama sekali tidak menyentuh dengan suatu sistem pemograman, sehingga menyebabkan ketidak efisienan informasinya dan banyak membuang waktu untuk menyajikan suatu informasi pada PT. Socfin Indonesia. Adapun  judul  yang  diangkat   penulis  adalah “Perancangan Sistem Informasi Data Karyawan PT. SOCFIN INDONESIA Medan”
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATERI TEKS BIOGRAFI suhariyanti yanti
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2020): Juli
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i1.968

Abstract

Masalah dalam penenlitian ini adalah  kurangnya  ke mampuan siswa  untuk menulis  teks  biografi, kemudian  siswa  kurang  minat mengikuti materi teks biografi dikarenakan harus banyak membaca sehingga  nilai  yang  dicapai  siswa  tidak  mencapai  nilai  yang  maksimal.  nilai  yang  harus  mereka  peroleh  minimal  rata-rata 76.  Jika  yang  mereka  peroleh  tidak  sesuai  dengan  nilai  tersebut  maka  pembelajaran  mereka  kurang maksimal. Dalam  hal  ini  masih banyak   siswa  yang  kurang  mampu  dalam  belajar  menulis  teks, sehingga nilai yang mereka  peroleh masih  banyak  yang  rendah, seperti nilai 55. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi oleh siswa kelas VIII SMP Plus Jabal Rahma Mulia. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas VIII-A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi menunjukan kenaikan hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata  85. Sedangkan hasil belajar tidak menggunakan  desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi  memperoleh hasil rata-rata 65.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DHARMAWANGSA Amru Yasir
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i2.970

Abstract

Perpustakaan berkembang dengan pesat dan dinamis, sistem manualnyadirasakan tidak lagi memadai untuk penanganan beban kerja, khususnya kegiatanrutin dalam bidang pengadaan, pengatalogan, dan pengawasan sirkulasi. Keadaandemikian menuntut penggunaan sistem informasi berbasis teknologi komputer atau CBIS (Computer Base Information System). Perpustakaan Universitas Dharmawangsa sebagai instansi yang menyediakanbahan-bahan pustaka sebagai sumber informasi memerlukan sistem komputerisasiuntuk mengolah data dan untuk melakukan kegiatan kerja perpustakaan. Hal tersebutdilakukan karena perpustakaan Universitas Dharmawangsa belum memanfaatkan sistemkomputer secara efektif untuk melakukan kegiatan kerjanya, sedangkan pengunjungyang ingin mendapatkan sumber-sumber informasi semakin lama semakin bertambah. Kemudahan pengunjung untuk mendaftar, mendapatkan informasi tentang bahan pustaka dan untuk melakukan transaksi peminjaman bahan pustaka menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Selain hal-hal tersebut dengan komputerisasi jugaakan membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. Berdasarkanpermasalahan itulah maka diusulkan adanya pembaharuan sistem lama kedalamsistem informasi yang baru dengan teknologi komputer berbasis web. Oleh karena itu penulis memfokuskan suatu ide pada pengolahan sebuah system informasi untuk dapat dipublikasikan. Maka dari itu, penulis akan mengambil judul tentang “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DHARMAWANGSA” yang diharapkan dapat member kemudahan bagi mahasiswa agar dapat melakukan proses peminjaman buku secara online.
KLASTERISASI POLA PENJUALAN PESTISIDA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS DI TOKO JUANDA TANI KECAMATAN HUTABAYU RAJA) Sabrina Aulia
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2020): Juli
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46576/djtechno.v1i1.964

Abstract

Data Mining adalah suatu proses pencarian atau penggalian suatu informasi yang dilakukan di dalam sebuah data yang besar. Clustering (pengelompokan) merupakam salah satu metode yang dilakukan di dalam proses Data Mining. Pengelompokan yang terjadi adalah mengelompokkan penjualan pestisida tanaman padi. Atribut yang digunakan dalam melakukan pengelompokan ini adalah total mpenjualan selama satu musim dan harga pestisida. Pengelompokan ini dilakukan agar pihak toko dapat mengetahui penjualan jenis pestisida apa saja yang laku dan tidak laku selama satu musim agar tidak terjadi penumpukan barang digudang.  Di dalam clustering terdapat beberapa metode salah satunya adalah metode K-means. K-means adalah salah satu proses metode pengelompokan yang non hirarki yang cara bekerjanya membagi data ke dalam bentuk satu atau lebih cluster. Cluster yang dibuat ada 3 macam cluster yaitu, Sangat laku, laku dan tidak laku. Hasil dari cluster tersebut 53 items tergolong ke dalam kelompok penjualan pestisida yang sangat laku, 21 items tergolong ke dalam penjualan pestisida yang laku, dan 126 items digolongkan ke dalam penjualan pestisida yang tidak laku. Aplikasi yang digunakan adalah software Rapid Miner 7.5

Page 1 of 11 | Total Record : 105