Biomed Science
Vol 5, No 2 (2017)

HUBUNGAN STRATEGI BELAJAR EFEKTIF MENGGUNAKAN METODE SQR4 DAN TINGKAT KESIAPAN DI KELAS DENGAN NILAI MATA KULIAH OBGYN MAHASISWA SEMESTER IV AKBID WIRA HUSADA NUSANTARA

Retno Rahayu (Program Studi Diploma 3 Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang)
Roni Subrata (Program Studi Diploma 3 Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2017

Abstract

Belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikannya. Dengan belajar secara efektif dan teratur maka seseorang dapat memperoleh hasil yang maksimal sesuai yang diharapkannya. Begitu pula dengan kesiapan, seseorang yang siap dalam belajar tentunya akan mempunyai perhatian dalam belajar, motivasi dan perkembangan sehingga dalam setiap proses belajar seorang mahasiswa dituntut untuk selalu belajar dan siap untuk memperoleh hasil (nilai) yang baik sesuai harapan. Metode pengambilan sampel ialah random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sampai jumlah sampel terpenuhi. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitin ini adalah 41 orang. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan analisis regresi linear berganda yaitu dengan melakukan uji T, uji F dan menghitung besarnya koefisien regresi masing-masing variabel yang diteliti. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung masing-masing variabel. Variabel Strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 nilai thitung=2,218 > t0,05=2,021. Dan variabel tingkat kesiapan di kelas nilai thitung=3,684 > t0,05=2,021. Selain itu dapat dilihat juga dari nilai Fhitung = 20,758 > F0,05 = 3,23. Besar pengaruh strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 dilihat dari koefisien regresinya sebesar 21,8% dan tingkat kesiapan di kelas dilihat dari koefisien regresinya adalah 30,4% sehingga total pengaruh kedua variabel tersebut terhadap nilai Obgyn adalah 52,2%. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa kedua variabel yang diteliti yaitu strategi belajar efektif menggunakan metode SQR4 dan tingkat kesiapan di kelas, diidentifikasi berpengaruh signifikan terhadap nilai mata kuliah Obgyn

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biomed

Publisher

Subject

Dentistry Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

Biomed Science : ISSN 2338-5189 (media cetak) , adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang kesehatan dan kebidanan. Scope jurnal terdiri dari kebidanan,kesehatan,kesehatan masyarakat Setiap naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh satu ...