Sebatik
Vol 22 No 2 (2018): DESEMBER 2018

PENDETEKSI KESAMAAN KATA UNTUK JUDUL PENULISAN BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA STEMMING NAZIEF-ADRIANI

Mochamad Wisuda Sardjono (Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma)
Margi Cahyanti (Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma)
Maulana Mujahidin (Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma)
Rini Arianty (Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan algoritma stemming Nazief-Adrian untuk mencari kesamaan judul penulisan berbahasa Indonesia. Dengan mencari kesamaan judul penulisan tersebut dapat membantu mahasiswa maupun dosen dalam menentukan judul penulisan yang ingin dibuat atau dapat menjadi referensi dalam pembuatan penulisan, sehingga dapat menghindari tindakan plagiarisme judul penulisan. Penelitian ini juga membangun aplikasi yang dapat menambahkan data judul penulisan ke dalam database dan mencari kesamaan judul penulisan dari judul penulisan yang terdapat dalam database. Tahapan yang dilakukan untuk proses mencari kesamaan adalah memecah kata pada judul penulisan untuk didapatkan kata dasar dengan menggunakan algoritma stemming Nazief-Adriani, kemudian dihitung term frequency (tf) untuk mendapatkan persentase kesamaan kata. Hasil dari pencarian kesamaan judul penulisan ini berupa kata dasar yang diambil dari setiap kata dari judul penulisan yang ingin dicari kesamaan dan persentase kesamaan dengan judul penulisan yang ada di database. Pengujian dilakukan pada 5 judul penulisan yang diinputkan oleh pengguna kemudian dicari kesamaannya dengan 1561 judul penulisan pada database.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...