Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 2, No 1 (2020)

MODEL PELATIHAN ANDRAGOGI BERBASIS MEDIA VIRTUAL REALITY DALAM PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA

Pangestuti, Tri Mairah (Unknown)
Kamil, Mustofa (Unknown)
Sardin, Sardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Pelatihan bencana gempa merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pada peserta didik, termasuk peserta didik orang dewasa. Pendekatan pelatihan yang efektif bagi sasaran orang dewasa salahsatunya adalah andragogi. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan andragogi dalam pelatihan simulasi gempa berbasis virtual reality. Pengujian efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test serta mengalisis persepsi peserta pelatihan terhadap kegiatan pelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (experimental research) dengan jenis pra-eksperimen (pre-experimental). Penelitian ini dilakukan di PKBM Geger Sunten dengan sasaran penelitian adalah peserta didik program kejar paket B dan paket C. Pengambilan data penelitian menggunakan soal pre-test dan post-test serta angket persepsi pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Hasil angket persepsi menujukkan bahwa peserta pelatihan menilai proses pelatihan pada interval 3,5 hingga 4,7 dengan interval maksimal 5,0. 2) Hasil uji hipotesis diketahui bahwa peserta pelatihan mendapatkan peningkatan tingkat kesiapsiagaan setelah mengikuti pelatihan gempa menggunakan simulasi media virtual reality.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...