Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Mekar Arum. Penelitian dilaksanakan di TK Mekar Arum Cileunyi Kabupaten Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak di TK Mekar Arum, pola asuh yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal/sosial anak usia dini yang terbaik yaitu dengan menggunakan pola asuh demokratis. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal/sosial anak terdiri dari faktor internal yaitu belum tumbuhnya rasa kepercayaan diri dan perkembangan kepribadian anak yang belum optimal sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar diri anakyaitu datang dari lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
Copyrights © 2019