Media Jurnal Informatika
Vol 12, No 2 (2020): Media Jurnal Informatika

Sistem Pendukung Keputusan Pemeriksaan Kondisi Peralatan Primer Gardu Induk Menggunakan Metode Saw Berbasis Mobile (Studi Kasus: Pt. Pln (Persero) Gitet Saguling)

musrifah, ai (Unknown)
Firmansyah, Muhammad Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang kelistrikan dimana didalamnya terdapat kegiatan checklist CBM inspeksi level 1 yaitu pemeriksaan kondisi peralatan primer Gardu Induk. Permasalahan yang timbul adalah petugas JARGI harus menuliskan data hasil checklist kedalam formulir (kertas), lalu diinputkan kedalam aplikasi web milik PLN sehingga harus bekerja 2 kali. Untuk mengetahui peralatan yang paling buruk diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat mudahkan dalam pendataan, assessment, dan pelaporan data kondisi peralatan primer gardu induk serta membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan bagian dari sebuah sistem informasi yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Pembuatan SPK perlu sebuah metode yang cocok untuk pemecahan permasalahan yang timbul, dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SAW (Simple Additive Weighting) yaitu metode penjumlahan terbobot. Rekayasa perangkat lunak menggunakan paradigma waterfall dan analisa permodelan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian dengan adanya sistem pendukung keputusan pemeriksaan kondisi peralatan primer Gardu Induk berbasis mobile dengan menggunakan metode SAW didapat bahwa peralatan yang memiliki kondisi terburuk adalah PMT 7B1 R karena memiliki nilai yang lebih tinggi dengan hasil akhir darurat. Sehingga dapat mempermudah dalam pendataan, assessment, dan pelaporan data kondisi peralatan primer gardu induk serta membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mjinformatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Jurnal Informatika merupakan oleh jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Suryakancana Cianjur yang terbit setiap 6 Bulan pada Juni dan Desember. Media Jurnal Informatika mulai terbit dengan versi cetak pada tahun 2009 dan terbit satu kali dalam satu tahun, ...