PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 1 (2022): November - February

Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku

Asiani Asiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lulu Tunjung Biru (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Panas di bumiku merupakan suatu permasalahan rusaknya bumi akibat pencemaran udara. Panas di bumiku dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang akurat dengan menggunakan bahan ajar buku teks pelajaran untuk meningkatkan kemampuan sikap ilmiah siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kemunculan komponen sikap ilmiah siswa dalam buku teks pelajaran IPA SMP kelas VII pada tema panas di bumiku. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar checklist. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini pada tiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yaitu komponen kepercayaan sebesar 55,5%, komponen perasaan sebesar 61,0%, dan komponen tindakan sebesar 62,1% dengan kriteria cukup baik. Persentase kemunculan indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama sebesar 66,6% dengan kriteria baik. Sedangkan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan persentase kemunculannya sebesar 33,3% dengan kriteria tidak baik. Secara keseluruhan ketiga buku teks pegangan siswa mata pelajaran IPA SMP kelas VII yang dianalisis, komponen kepercayaan mendapatkan persentase terendah dan komponen perasaan serta komponen tindakan mendapatkan persentase tertinggi. Sedangkan pada indikator menerima informasi, menanggapi informasi, jujur, teliti, hati-hati, dan kerja sama mendapatkan persentase tertinggi dan indikator menilai informasi, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan mendapatkan persentase terendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...