Penelitian ini bertujuan mengembangkan kurikulum blok Bahasa Inggris vokasional untuk Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris (S.Tr. BI) Sekolah Vokasi UGM agar dapat menjamin ketercapaian kompetensi program studi sesuai kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan mencetak lulusan sesuai profil lulusan prodi, yaitu Ahli Bahasa Inggris dalam Hubungan Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Riset dan Pengembangan (R&D). Terdapat 3 tahap yang dilakukan, antara lain: (1) kajian Pustaka, (2) penyusunan kurikulum blok dan (3) validasi melalui FGD dengan stakeholders. Melalui ketiga tahap tersebut, telah dihasilkan suatu model kurikulum blok Bahasa Inggris vokasional yang disusun didasarkan pada CEFR level C1 dan SKKNI Humas 629/2016. Terdapat empat (4) blok yang berfokus pada penguasaan Bahasa Inggris untuk tujuan khusus pada tahun pertama, dan empat (4) blok terkait kompetensi Bahasa Inggris untuk kehumasan pada tahun kedua. Pada tahun ketiga terdapat 1 blok untuk kompetensi interdisipliner, dan satu (1) blok untuk kompetensi Research and Academic Writing. Sebagai realisasi penyelenggaraan kebijakan MBKM, mahasiswa diberikan hak untuk memilih pembelajaran di luar Prodi pada tahun ke tiga ini dengan skema pertukaran pelajar. Pada tahun keempat, terdapat blok Magang Industri sebagai bentuk skema MBKM serta Penulisan Proyek Akhir sebagai prasyarat kelulusan mahasiswa.Kata kunci : kurikulum vokasional, blok, CEFR, SKKNI Humas, Bahasa Inggris
Copyrights © 2021