Tarikhuna: Journal of History and History Education
Vol 2, No 2 (2020)

Pendidikan Surau: Karakteristik dan Literaturnya

Zainimal, Zainimal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Pendidikan surau masa lalu di Minangkabau memiliki kebesaran nama yang telah melahirkan orang besar dan ulama Nusantara.  Sistem pendidikan surau ini dapat dikategorikan sebagai lembaga pendidikan formal orang Minang sebagai proses Islamisasi yang memposisikan fungsinya sebagai basis penyebaran Islam dan mengukuhkan karakteristiknya bertahan dalam tradisi intelektual berbasis kitab khazanah klasik tanpa mengabaikan modernisasi dalam isi dan literatur. Karakteristik surau di Minangkabau dalam perspektif pendidikan menunjukkan keunggulan yang memperlihatkan corak pendidikannya yang berbeda dengan lembaga pendidikan tradisional  Islam lainnya. Dari perspektif manajemen, surau tidak mempunyai birokrasi formal yang rumit seperti pendidikan modern. Pengaturan di surau lebih didasarkan pada hubungan personal di kalangan warga surau. Dari perspektif proses pembelajaran, surau memakai sistem halaqah tidak klassikal seperti pendidikan modern. Adapun dari perspektif materi pembelajaran di surau terdiri dari materi tafsir, hadis, fiqh, tatabahasa dan tasawuf. Sedangkan literatur yang digunakan berkaitan erat materi yang diberikan dan masalah pemahaman keagamaan mengaju pada mazhab Syafi’iyyah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarikhuna

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Tarikhuna: Journal of History and History Education (THJE) is an academic journal of studies in history education and Indonesian history. It is published biannually (May & November) by the Departement of Social Science Education, Imam Bonjol State Islamic University. Tarikhuna aims to provide ...