ABSTRAKPenelitian ini untuk mengetahui hubungan Disiplin Siswa dan Dukungan Keluarga terhadap Upaya Belajar Siswa di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. sampel penelitian ini berjumlah 112 siswa yang diambil secara acak dari seluruh kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Disiplin Siswa dan Dukungan keluarga terhadap Upaya Belajar siswa.Data dianalisis dengan menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanyahubunganyang signifikan antara variabel disiplin siswa dan dukungan keluarga terhadap upaya belajar siswadengan rxysebesar 0,076 dengan taraf signifikan sebesar 0,729 (p>0,05). Hal ini menunjukan bahwa tidak adanya hubungan antara disiplin siswadan dukungan keluarga terhadap upaya belajar Siswa. Kata Kunci :Disiplin Siswa, Dukungan Keluarga, Upaya Belajar
Copyrights © 2018