Nursing Science Journal (NSJ)
Vol 2 No 1 (2021): Nursing Science Journal (NSJ)

PENTINGNYA TEAM BASED LEARNING (TBL) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM: A LITERATURE REVIEW

Wahyu Riyaningrum, Nur Isnaeni, Elsye Maria Rosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Metode pembelajaran Team Based Learning (TBL) sebagai salah satu metode pembelajaran yang saat ini banyak digunakan di negara maju. TBL dapat meningkatkan belajar mahasiswa dalam kerjasama kelompok, mahasiswa sangat terlibat aktif dalam proses kegiatan belajar untuk memecahkan masalah sambil mengembangkan kompetensi professional. Faktor internal TBL dipengaruhi oleh motivasi, pengendalian diri dan manajemen diri mahasiswa. Tujuan: Literatur review ini menganalisis tentang metode TBL terhadap kerjasama tim. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan study literature dengan menggunakan beberapa sumber yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan peneliti. Hasil: Delapan artikel dipakai dalam review. Menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor rata-rata mahasiswa yang dirasakan pada kerja tim. TBL memfasilitasi pembelajaran mahasiswa secara aktif melalui penggunaan kelompok kecil. TBL lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Kesimpulan: Metode Pembelajaran berbasis tim atau Team Based Learning (TBL) dapat mengembangkan kemampuan bekerjasama dalam tim dengan pendekatan pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam melakukan proses belajarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nsj

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

- Maternity Nursing - Pediatric Nursing - Medical Surgical Nursing - Critical Care Nursing - Emergency and Trauma Nursing - Mental Health Nursing - Geriatric and Community ...