EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2020)

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM

Putri Pamungkas (Universitas Muhammadiyah Metro)
Swaditya Rizki (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ira Vahlia (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis discovery learning disertai nilai-nilai Islam pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Muhammadiyah 1 Metro yang valid dan praktis digunakan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Metro dengan jumlah peserta didik sebanyak 10 orang. Dalam penelitian dan pengembangan ini, produk yang dihasilkan harus divalidasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan uji coba. Proses validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan modul yang dikembangkan. Hasil dari penilaian validator yaitu 3 ahli materi, 2 ahli desain, dan 2 ahli nilai-nilai Islam yang masing-masing memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 79,96% dengan kategori valid, 82% dengan kategori sangat valid, dan 90% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba pemakaian memperoleh persentase keseluruhan 76,2% dengan kategori praktis. Berdasarkan kategori yang telah ditetapkan, maka modul matematika berbasis discovery learning disertai nilai-nilai Islam yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan praktis. Kata kunci: discovery learning; modul; nilai-nilai Islam; pengembangan ABSTRACT This research and development aims to produce discovery learning-based mathematical modules supported by Islamic values in the material of equality and the inequality of absolute values of one variable in Muhammadiyah Senior High School 1 of Metro which is valid and practically used. This type of research is research and development using ADDIE development models consisting of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subject of this research is Class X of IPA (Science) 2 of Muhammadiyah Senior High School 1 Metro with 10 students. In this research and development, the resulting product must be validated first, then a trial run. The validation process is carried out to determine the validity of the modules developed. The results of the validator's assessment are 3 material experts, 2 design experts, and 2 Islamic values experts who each get an average percentage of 79.96% with a valid category, 82% with a very valid category, and 90% with a very valid category. While the results of the trial use obtained an overall percentage of 76.2% with the practical category. Based on the predetermined categories, the discovery learning-based mathematics modules accompanied by Islamic values developed are valid and practical. Keywords: development; discovery learning; modules; Islamic values

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emteka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on ...