cover
Contact Name
Ira Vahlia
Contact Email
emteka@ummetro.ac.id
Phone
+6285768428721
Journal Mail Official
emteka@ummetro.ac.id
Editorial Address
Jalan Ki Hajar Dewantara Iringmulyo Metro Timur Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27465608     EISSN : 27465594     DOI : https://doi.org/10.24127
Core Subject :
Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on Mathematics, High order thinking skills (HOTS), Creative thinking, Critical thinking, dsb
Arjuna Subject : -
Articles 61 Documents
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM Putri Pamungkas; Swaditya Rizki; Ira Vahlia
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.373

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis discovery learning disertai nilai-nilai Islam pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di SMA Muhammadiyah 1 Metro yang valid dan praktis digunakan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Metro dengan jumlah peserta didik sebanyak 10 orang. Dalam penelitian dan pengembangan ini, produk yang dihasilkan harus divalidasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan uji coba. Proses validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan modul yang dikembangkan. Hasil dari penilaian validator yaitu 3 ahli materi, 2 ahli desain, dan 2 ahli nilai-nilai Islam yang masing-masing memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 79,96% dengan kategori valid, 82% dengan kategori sangat valid, dan 90% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari hasil uji coba pemakaian memperoleh persentase keseluruhan 76,2% dengan kategori praktis. Berdasarkan kategori yang telah ditetapkan, maka modul matematika berbasis discovery learning disertai nilai-nilai Islam yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan praktis. Kata kunci: discovery learning; modul; nilai-nilai Islam; pengembangan ABSTRACT This research and development aims to produce discovery learning-based mathematical modules supported by Islamic values in the material of equality and the inequality of absolute values of one variable in Muhammadiyah Senior High School 1 of Metro which is valid and practically used. This type of research is research and development using ADDIE development models consisting of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subject of this research is Class X of IPA (Science) 2 of Muhammadiyah Senior High School 1 Metro with 10 students. In this research and development, the resulting product must be validated first, then a trial run. The validation process is carried out to determine the validity of the modules developed. The results of the validator's assessment are 3 material experts, 2 design experts, and 2 Islamic values experts who each get an average percentage of 79.96% with a valid category, 82% with a very valid category, and 90% with a very valid category. While the results of the trial use obtained an overall percentage of 76.2% with the practical category. Based on the predetermined categories, the discovery learning-based mathematics modules accompanied by Islamic values developed are valid and practical. Keywords: development; discovery learning; modules; Islamic values
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI MATEMATIKA Nawal Sartika Sari; Nurul Farida; Dwi Rahmawati
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.377

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi matematika pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 4 Metro dan (2) untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul berbasis discovery learning untuk melatih literasi matematika pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Metro. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Objek penelitian adalah modul berbasis discovery learning. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kualitas modul berbasis discovery learning yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan sebesar 83,61%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, modul berbasis discovery learning memenuhi kriteria praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 82,70%. Dari hasil validasi yang dilakukan dengan 7 validator ahli dan hasil uji kepraktisan yang dilakukan dengan 8 peserta didik, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis discovery learning pada materi bentuk aljabar dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci: discovery learning; literasi matematika; modul; pengembangan ABSTRACT This study aims (1) to develop discovery learning-based modules to practice mathematical literacy on algebraic material in class VII of SMP Negeri (State Junior High School) 4 Metro and (2) to find the validity and practicability of the discovery learning-based modules to train mathematical literacy on algebraic material. This type of research is a research development using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at SMP Negeri 4 Metro, with the subjects were grade VII students. The research object was a discovery-based module learning. The types of data in this study are quantitative and qualitative data. The data collection instruments used are interviewing sheet and questionnaire sheets. While the data analysis techniques used are quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Based on the study result show the quality of discovery learning based module which are generated based on the validity aspect fulfilled valid criteria with a percentage of 83.61%. Based on the results of the practicality test, the discovery learning based module fulfilled practical criteria with a percentage of 82.70%. From the results of the validation carried out with seven expert validators and practicality test result with eight students, it can be concluded that the module based on discovery learning in algebraic form material is declared valid and practical. Keywords: development; discovery learning; mathematics literacy; modules
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) Febriana Saputri; Jazim Jazim; Ira Vahlia
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.378

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME) yang layak untuk digunakan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE, meliputi Analyze, Design, Development, Implement dan Evaluation. Tahap yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai dengan tahap implement uji coba kelompok kecil kepada 15 peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Pekalongan kemudian dilanjutkan tahap evaluasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket yang digunakan yaitu angket validasi ahli untuk menilai kelayakan produk dan angket respon peserta didik untuk menilai kepraktisan produk. Hasil validasi yang diperoleh bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan persentase validasi ahli materi 85% , ahli desain 84% dan rata-rata yang diperoleh 84,5%. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 87,3% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahan ajar layak dan praktis digunakan. Kata kunci: bahan ajar; pengembangan; Realistic Mathematic Education (RME) ABSTRACT The purpose of this development is to produce a product in the form of mathematics teaching materials using a realistic mathematic education (RME) approach that is suitable for use in grade X students of SMA Negeri 1 Pekalongan. The type of research used is research and development (R&D). The development model used in this research and development is the ADDIE model, which includes Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation. The stage carried out by researchers only reached the implementation stage of small group trials to 15 students in class X of SMA Negeri 1 Pekalongan then proceed with the evaluation phase. Data collection instruments in the form of a questionnaire. The questionnaire used was an expert validation questionnaire to assess product eligibility and student questionnaire responses to assess the practicality of the product. The results of the validation obtained by the teaching materials developed were stated to be very feasible with a validation percentage of 85% material experts, 84% design experts, and an average of 84.5%. The results of small group trials obtained a percentage of 87.3% with a very practical category. Therefore, it can be concluded that teaching material is feasible and practical to use. Keywords: development; Realistic Mathematic Education (RME); teaching materials
PENGEMBANGAN HANDOUT DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS Dhea Indah Khotimah; Sutrisni Andayani; Satrio Wicaksono Sudarman
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.379

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan handout dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Tahapan penelitian ini adalah tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Hasil validasi handout dengan pendekatan PMRI untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis adalah valid dan hasil uji kelompok kecil adalah praktis. Hal ini dapat dilihat dari presentase ahli materi 82,63%, ahli bahasa 80% dan ahli desain 75,71% dengan rata-rata validasi adalah 79,43% dengan kriteria valid. Rata-rata presentase uji kepraktisan adalah 80% dengan kriteria praktis. Kata kunci: handout; kemampuan komunikasi matematis; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ABSTRACT This study aims to determine the practicality of the handout with the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach to facilitate students' mathematical communication skills. The type of research used is ADDIE. The stages of this research are the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage and the evaluation stage. The handout result validation using the PMRI approach to facilitate mathematical communication skills are valid and small group test results are practical. This can be seen from the percentage of material experts 82.63%, 80% linguists and 75.71% design experts with an average validation of 79.43% with valid criteria. The average percentage of practicality tests is 80% with practical criteria. Keywords: handout; Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI); mathematical communication skills
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO PADA MATERI TURUNAN Devita Amanda; Rina Agustina; Nego Linuhung
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.380

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam pengembangan ini adalah mengahasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android menggunakan android studio yang layak dan praktis untuk digunakan siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Punggur. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D. Tahapan model 4-D terdiri dari Define, Design, Development, and Disseminate. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Angket yang di gunakan yaitu angket validasi ahli untuk penilaian kelayakan produk dan angket siswa untuk melihat kepraktisan produk.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup beberapa langkah, yaitu analisis data, tabulasi data, dan menafsirkan presentase angket.Hasil validasi yang diperoleh dari media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan presentase validasi ahli materi 83%, ahli media 88%, dan dengan rata-rata yang diperoleh 86%. Hasil uji coba kelompok kecil yang pertama memperoleh presentase 85% dan uji coba kedua memperoleh presentase 88% dengan rata-rata 86,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka media pembelajaran berbasis android menggunakan android studio ini dinyatakan layak dan praktis. Kata kunci: android studio; media pembelajaran; penelitian pengembangan (R&D); turunan ABSTRACT The purpose of this development is to produce a product in the form of an Android-based learning media using an Android studio that is feasible and practical to be used by students in class XI of SMA Negeri 1 Punggur.The model used in this development research is a 4-D model. The stages of the 4-D model consist of Define, Design, Development, and Disseminate. The instrument of data collection is a questionnaire. The questionnaire used is an expert validation questionnaire for the assessment of product feasibility and student questionnaires to see the practicality of the product. The dasta analysis technique used in this study includes several sterps, namely data analysis, data tabulation, and interpreting the percentage of questionnaires. The results of the validation obtained from the learning media developed were declared very feasible with the percentage of material expert validation 83%, 88% media experts, and with an average of 86%. The results of the first small group trial obtained a percentage of 85% and the second trial obtained a percentage of 88% with an average of 86.5% with a very practical category. Based on the established criteria, the Android-based learning media using Android Studio are declared feasible and practical. Keywords: android studio; derivatives; learning media; research development (R & D)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Sulistio Ningsih; Nurul Farida; Nego Linuhung
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.409

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures berpengaruh terhadap kemampuan pemahamn konsep matematis siswa SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest only Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud adalah pemahaman konsep pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes akhir (posttest) yang terdiri dari 5 soal. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menggunakan uji-t diperoleh hasil uji perbedaan dua rata-rata yaitu thitung = 7,408 dan ttabel = 2,314, sehingga H0 ditolak dan terima H1. Dengan demikian rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran CUPs lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. Kata kunci: conceptual understanding procedures; pemahaman konsep ABSTRACT The Aim of this research is to determine whether the Conceptual Understanding Procedures learning model affects the mathematical understanding ability of students of SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. This research is a quasi experimental study. The design used in this study is Pretest-Posttest only Control Group Design. The variables in this study are Conceptual Understanding Procedures learning models as independent variables and conceptual understanding as dependent variables. The study population was all eighth grade students of SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. Determination of the sample using a purposive sampling technique, namely students of class VIIIB as an experimental class totaling 25 students and students of class VIIIC as a control class of 25 students. Understanding the concept in question is an understanding of the concepts in the material Build Flat Side Space. Data collection techniques were carried out through a final test (posttest) consisting of 5 questions. Data analysis using t-test. The results of the study using t-test obtained two different mean test results, namely tcount = 7.408 and ttable = 2.314, so that H0 was rejected and received H1. Thus the average ability of students to understand mathematical concepts using the CUPs learning model is higher than conventional learning. So it can be concluded that there is an influence of the learning model of CUPs on the understanding of mathematical concepts of class VIII students of SMP Negeri 2 Bumiratu Nuban. Keywords: conceptual understanding procedures; understanding of the concept
PENINGKATAN SELF-REGULATED DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER Ita Kusniawati; Ira Vahlia; Yeni Rahmawati ES
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.411

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-regulated dan berpikir kritis matematika melalui model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VII-5 SMP N 1 Sekampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-5 SMP N 1 Sekampung yang terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terlihat adanya peningkatan self-regulated dan berpikir kritis matematika siswa pada pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan persentase keempat aspek yaitu kesadaran akan tanggung jawab belajar dengan persentase 75,56% menjadi 85,63%, kesadaran akan tanggung jawab belajar dengan persentase 76,67% menjadi 86,21%, kontinuitas belajar dengan persentase 75,74% menjadi 85,34%, dan keaktifan belajar dengan persentase 73,57% menjadi 85,22%. Untuk hasil berpikir kritis matematika dapat diketahui dari peningkatan keempat indikator yaitu elementary clarification 24,38% dengan kategori sangat rendah menjadi 62,50% dengan kategori sedang, keterampilan memberikan penjelasan lanjut 36,67% dengan kategori sangat rendah pada menjadi 85,45% dengan kategori sangat tinggi, keterampilan mengatur strategi dan taktik 36,56% dengan kategori sangat rendah menjadi 81,79% dengan kategori sangat tinggi, dan keterampilan menyimpulkan 14,69% dengan kategori sangat tinggi menjadi 91,81% dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: berpikir kritis; model pembelajaran treffinger; self-regulated ABSTRACT The purpose of this study is to improve self-regulated and critical thinking mathematics through treffinger learning models in students of class VII-5 SMP N 1 Sekampung. This type of research is a classroom action research study subjects were students of class VII-5 SMP N 1 Sekampung consisting of 32 students. Based on the results of the research and discussion, an increase in self-regulated and critical thinking of mathematics is seen in students' learning. This can be seen from the increase in the percentage of the four aspects, namely awareness of learning responsibilities with a percentage of 75.56% to 85.63%, awareness of learning responsibilities with a percentage of 76.67% to 86.21%, continuity of learning with a percentage of 75.74% to 85.34%, and learning activeness with a percentage of 73.57% to 85.22%. For the results of critical thinking mathematics can be seen from the increase in the four indicators namely elementary clarification 24.38% with very low categories to 62.50% with moderate categories, skills to provide further explanation 36.67% with very low categories at 85.45% with very high category, skills to set strategy and tactics 36.56% with very low categories to 81.79% with very high categories, and skills concluded 14.69% with very high categories to 91.81% with very high categories. Keywords: critical thinking; self-regulated; treffinger learning models
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER 3 VARIABEL Cut Rahadatul Aisyi; Rahmad Bustanul Anwar; Swaditya Rizki
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.412

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis discovery learning disertai nilai-nilai Islam pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang layak dan praktis digunakan oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengadaptasi model Tessmer. Langkah- langkah penggunaan model Tessmer yaitu: sefl evaluation, expert review and one to one, small group dan field test. Berdasarkan hasil validasi dengan persentase ahli materi 80% dikategorikan valid, ahli desain 88.7% dikategorikan sangat valid, dan ahli nilai Islam 98% dikategorikan valid, dan rata-rata penilaian validator adalah 88.9% dengan kategori sangat valid. Sedangkan dari hasil uji kelompok kecil diperoleh rata-rata angket respon yang diberikan oleh 5 orang siswa sebesar 75.6% dikategorikan praktis dan uji coba pemakaian diperoleh rata-rata angket respon yang diberikan oleh 10 peserta siswa sebesar 81.6% dikategorikan sangat praktis. Abstract The purpose of this study is to develop teaching materials based on discovery learning along with Islamic values ​​in the material system of three-variable linear equations that are feasible and practically used by students. The type of research used is Research and Development (R & D) and adapting the Tessmer model. Steps to use the Tessmer model are: self evaluation, expert review and one to one, small group and field test. Based on the results of the validation with the percentage of 80% material experts categorized as valid, 88.7% design experts were categorized as very valid, and 98% Islamic value experts were categorized as valid, and the average validator rating was 88.9% with very valid categories. Whereas from the results of the small group test the average response questionnaire given by 5 students was 75.6% categorized as practical and the usage test obtained an average response questionnaire given by 10 student participants at 81.6% categorized as very practical.
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Sarbiyono Sarbiyono
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.482

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dan mengetahui peningkatan prestasi matematika dengan pendekatan kontekstual dan pemecahan masalah pada pokok bahasan program linier. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA.5 MAN 1 Metro semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis dapat disimpulan bahwa ada peningkatan signifikan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan siswa aktif dan sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 70% siswa aktif. Peningkatan ketuntasan pada setiap siklus dan telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75% tuntas dengan KKM 75. Kata Kunci: aktivitas; pemecahan masalah matematis; pendekatan kontekstual; prestasi belajar ABSTRACT The goal of this research Is to describe the increase of students' learning activities and to know the increase of mathematic competence by contextual approach and problem solving on Linear Program. Research Method that was used is three cycles Classroom Action Research. The subject research of the research are students of XII IPA 5 MAN 1 Metro 2015/2016. It can be concluded from Result Analysis that there is a significant increasing in students' learning activities and learning outcome in Mathematics with the use of contextual and problem-solving approach at Linear Programs. The increase of students’ activities and their result are 70%. Moreover 75 % in every cycle by the KKM in 75 ranges. Keywords: activities; contextual approach; learning competence; mathematic problems solving
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN KOMIK Tugiyem Tugiyem
EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/emteka.v1i1.485

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berhitung pecahan siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan komik pada pembelajaran Matematika materi operasi hitung pecahan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Populasi penelitian berjumlah 31 siswa dengan distribusi siswa laki-laki 12 siswa dan siswa perempuan 19 siswa. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik dan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengisian lembar observasi selama proses tindakan penelitian oleh supervisor sehingga akan diperoleh data kualitatif sebagai hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antar siklus dilihat dari indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berhitung pecahan siswa kelasVI SDN Kaliwadas 01 semester I tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dilihat pada perubahan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari yang semula hanya 68% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Kata kunci: aktivitas; kemampuan berhitung pecahan; komik; STAD ABSTRACT The purpose of this study was to determine the increase in learning activities and the ability to count fractions of students through the learning model of Student Team Achievement Division (STAD) assisted by comics in mathematics learning in fraction counting operations material. This type of research is classroom action research. This research was divided into 2 cycles, namely cycle I and cycle II, each of which consisted of 3 meetings. The study population consisted of 31 students with a distribution of 12 male students and 19 female students. The research sample used saturated samples. Techniques and data collection are done by filling out the observation sheet during the research action process by the supervisor so that qualitative data will be obtained as a result of the research. The data analysis technique used a comparative descriptive analysis by comparing the test scores between cycles seen from the performance indicators. The results showed that there was an increase in learning activities and the ability to count fractions of Grade VI students at SDN Kaliwadas 01 semester I of the 2018/2019 academic year. This can be seen in the significant changes from cycle I and cycle II. Student learning outcomes have increased from 68% in the first cycle to 94% in the second cycle. Keywords: STAD; comics; activity; fraction counting ability