EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2021)

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING SISWA SMP DI BANGKA BELITUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

ayen arisisari (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Yopa Yopa (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Frisyeila Karennisa (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Siti Farisma (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Pendi Pendi (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Intan Juwita (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Fitri Anisa (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran matematika secara daring (online) pada masa pandemi Virus Corona. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survey secara daring yang dilakukan dengan menyebarkan lembar angket secara daring kepada 32 orang responden yang merupakan siswa dari beberapa SMP di Bangka Belitung. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, tampilan data, dan gambaran kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan siswa dari beberapa SMP di Bangka Belitung dalam pembelajaran matematika secara daring masih kurang paham, beberapa siswa merasa pembelajaran matematika secara daring ini dianggap kurang efektif, dan juga modul atau buku merupakan model pembelajaran matematika yang dianggap efektif dari kebanyakan siswa dalam pembelajaran secara daring karena siswa menggunakan gadget dalam pembelajarannya tentu memiliki kendala salah satunya yaitu mengalami jaringan internet yang lambat. Jadi proses pembelajaran matematika lebih efektif dilakukan secara tatap muka atau luring. Kata kunci : analisis; efektivitas; daring; pandemi ABSTRACT This study aims to analyze the effectiveness of online mathematics learning during the Corona Virus pandemic. This research is a research qualitative descriptive using an online survey method which was conducted by distributing questionnaire sheets online to 32 respondents who were students of several junior high schools in Bangka Belitung. in online learning because students use gadgets in their learning. Data analysis techniques used consist of data reduction, data display, and drawing conclusions / verification. The results of the research conducted show that most students from several junior high schools in Bangka Belitung in online mathematics learning still do not understand, some students feel that online mathematics learning is considered ineffective, and also modules or books are considered effective mathematics learning models for most students. one of them is experiencing a slow internet network. So the process of learning mathematics is more effectively done face-to-face or offline. Keywoards: analysis; efectivities, online, pandemic

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emteka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan Matematika adalah jurnal penelitian di bidang pendidikan matematika memiliki fokus dan ruang lingkup R&D, Kuantitatif, Kualitatif, Korelasi dan Regresi, ICT based learning or IR 4.0, Scientific learning, Realistic Mathematics Education, Contextual Learning, Islamic studies on ...