MODEL KURIKULUM INTEGRATIF DALAM PENERAPAN KURIKULUM KARAKTER 1Ibrahim, dan 2Nurahimah Bt Mohd Yusoff Dosen FKIP USM Banda AcehPensyarah CAS –UUM Kedah MalaysiaABSTRAKModel kurikulum integratif dalam pelajaran IPA Biologi dapat mendukung pelaksanaan kurikulum karakter yang dilakukan oleh sekolah dan guru untuk membantu siswa dalam mencapai prestasi belajar. Dalam pelaksanan Kurikulum karakter memberikan peluang dan otonomi yang luas kepada sekolah dan guru untuk memberikan integrasi dalam pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan nilai tempatan. Bahan ajar yang disajikan sesuai dengan pengalaman siswa serta berhubungan langsung dengan IPA Biologi yang mudah dipelajari oleh siswa menjadi tanggung jawab sekolah dan guru. Kehadiran model kurikulum integratif dapat mempengaruhi proses belajar mengajar keapada yang lebih baik dan berkesan kepada siswa. Model kurikulum integratif untuk mata pelajaran IPA Biologi dirancang sesuai dengan keperluan siswa sehari-hari yang berbasis nila budaya lokal. Ketrampilan proses guru dalam proses belajara Biologi dalam kelas sangat menentukan prestasi belajar siswa terutama dalam mengaitkan materi ajar dengan nilai budaya, karakter serta contoh yang mudah difahami oleh siswa. Kata Kunci: Model kurikulum, karakter, ketrampilan, siswa
Copyrights © 2015