Jurnal Biology Education
Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Biology Education 2015

MODEL KURIKULUM INTEGRATIF DALAM PENERAPAN KURIKULUM KARAKTER

Ibrahim sufi (Pendidikan Biologi FKIP Univ, Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2015

Abstract

MODEL  KURIKULUM  INTEGRATIF DALAM PENERAPAN KURIKULUM  KARAKTER   1Ibrahim, dan 2Nurahimah Bt Mohd Yusoff Dosen FKIP USM Banda AcehPensyarah CAS –UUM  Kedah MalaysiaABSTRAKModel kurikulum integratif dalam pelajaran IPA Biologi dapat mendukung pelaksanaan kurikulum karakter yang dilakukan oleh sekolah dan guru untuk membantu siswa dalam mencapai prestasi belajar. Dalam pelaksanan Kurikulum karakter memberikan peluang dan otonomi yang luas kepada sekolah dan guru untuk memberikan integrasi dalam pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan nilai tempatan.   Bahan ajar yang disajikan sesuai dengan pengalaman siswa serta berhubungan langsung  dengan IPA Biologi yang mudah dipelajari oleh siswa menjadi tanggung jawab sekolah dan guru. Kehadiran model kurikulum integratif dapat mempengaruhi proses belajar mengajar keapada yang lebih baik dan berkesan kepada siswa. Model kurikulum integratif untuk mata pelajaran IPA Biologi dirancang sesuai dengan keperluan siswa sehari-hari yang berbasis nila budaya lokal. Ketrampilan proses guru dalam proses belajara Biologi dalam kelas sangat menentukan prestasi belajar siswa terutama dalam mengaitkan materi ajar dengan nilai budaya, karakter serta contoh yang mudah difahami oleh siswa. Kata Kunci: Model kurikulum, karakter, ketrampilan, siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...