cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 248 Documents
TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN PEMANFAATANNYA DI INDONESIA M . Ridhwan
Jurnal Biology Education Vol 1, No 1 (2012): JURNAL BIOLOGY EDUCATION
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.839 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v1i1.157

Abstract

Keanekaragaman hayati merupakan varasi atau perbedaan bentuk-bentuk makhluk hidup, meliputi perbedaan pada tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme, materi genetik yang di kandungnya, serta bentuk-bentuk ekosistem tempat hidup suatu makhluk hidup. Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya. Kebutuhan karbohidrat masyarakat Indonesia terutama tergantung pada beras dan gandum. Sumber lain seperti jagung, ubi jalar, singkong, talas dan sagu sebagai makanan pokok di beberapa daerah mulai ditinggalkan. . Selain tanaman pangan yang telah dibudidaya, sebenarnya Indonesia mempunyai 400 jenis tanaman penghasil buah, 370 jenis tanaman penghasil sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 60 jenis tanaman penyegar dan 55 jenis tanaman rempah rempah. Perikanan merupakan sumber protein murah di Indonesia. Kita mempunyai zona ekonomi eksklusif yaitu 200 mil dari garis pantai yang dapat dipergunakan oleh nelayan untuk mencari nafkah.Kata Kunci:Tingkat Keanekaragamana Hayati dan Pemanfaataanya
Jurnal Biology Education 2015 Evi Apriana
Jurnal Biology Education Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Biology Education 2015
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v4i2.970

Abstract

KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DALAM PENGATURAN DAN PENGELOLAAN BERSAWAH EVI APRIANAUniversitas Serambi Mekkah Banda Acehemail: eviapriana@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat dalam pengaturan dan pengelolaan bersawah, dan mengetahui sangsi adat yang diberikan kepada masyarakat yang melanggar hukum adat tersebut. Sampel dari penelitian ini adalah imeum mukim, keujreun blang, dan masyarakat di Desa Ateuk Mon Panah Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa kearifan lokal khususnya tata tertib turun ke sawah telah ada sejak lama, dan tradisi ini sampai saat ini masih dipertahankan. Sangsi adat yang masih berlaku hingga sekarang pada masyarakat adalah sangsi bagi pencuri air. Sangsi yang diberikan dapat berupa membuat kue talam sebanyak 1000 buah bahkan bisa berupa potong kambing (tergantung dari besar kecilnya perkelahian). Kearifan lokal masyarakat dalam pengaturan dan pengelolaan bersawah sebagai adat yang  telah dilakukan dan harus dilestarikan. Kata kunci:   Kearifan lokal, pengaturan dan pengelolaan bersawah, adat, sangsi adat, hukum adat 
PERAN MGMP DALAM PENYUSUNAN RPP- IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU SMP BANDA ACEH Ibrahim Ibrahim; Anwar Sanusi; Jamhur Jamhur
Jurnal Biology Education Vol 8, No 1 (2020): Edisi Maret 2020
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.841 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v8i1.2227

Abstract

Sasaran kinerja Musyawrarah Guru Mata Pelajaran Sekolah dalam membantu guru untuk menyusun Rencana Pelaksaan Pelajaran guru Sain IPA sekolah menengah pertama  Banda Aceh menjadi suatu  bebann kerja guru. Beratnya beban kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah SMP perlu disahuti oleh kelompok kerja MGMP atau focus diskusi group guru sain guna menyukseskan aplikasi K-13 secara  sempurna. Responden dalam penelitian ini melibatkan lima orang tenaga pendidik dari 18 guru pada 10 sekolah mitra tahun pelajaran 2019/2020 yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan obsevasi langsung dengan subjek penelitian yang berkaitan dengan diskusi dan musyarawah mata pelajaran.  Hasil penelitian ini memeperlihatkan bahwa kerja keras guru dalam menyusun RPP IPA dengan Kurikulum 2013 menggunakan peran musyawarah guru  berhasil sangat baik. Perkembangan perolehan kinerja guru dalam kategori baik dan tuntas dalam  menyusun  RPP IPA mulai  siklus I, II dan III ada peningkatan   melalui kerja musyawarah guru. Kita mengharapkan ada peningkatan pemahaman guru dan kualitas mengajar menjadi lebih baik dengan pola focus diskusi group untuk menyusun RPP IPA atau media belajar lainnya. Ini dapat dimaknai bahwa  dengan  melakukan forum diskusi /musawarah  guru mata pelajaran dapat  mendukung pelaksanan Kurikulum 2013 di SMP Banda Aceh menjadi sangat baik.
INVENTARISASI JENIS LEPIDOPTERA SEBAGAI BAHAN AJAR KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP IPA SMP DI KAWASAN HUTAN KOTA BNI KOTA BANDA ACEH Musriadi Musriadi; Mauliza Mauliza
Jurnal Biology Education Vol 4, No 1 (2015): Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.729 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v4i1.138

Abstract

Telah dilakukan Penelitian tentang “ Inventarisasi Jenis Lepidoptera Sebagai Bahan Ajar Klasifikasi Makhluk Hidup IPA SMP di Kawasan Hutan Kota BNI Kota Banda Aceh” yang telah dilaksanakan dari tanggal 20 Juni s/d 28 juni 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengiventarisasi jenis-jenis insekta Lepidoptera pada kawasan Hutan Kota BNI kota Banda Aceh dan untuk mengetahui desain bahan ajar yang tepat untuk siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup IPA SMP. Objek dalam penelitian ini adalah jenis-jenis Lepidoptera di Kawasan Hutan Kota BNI Kota Banda Aceh. Teknik pengolahan data melalui dua tahap hasil penelitian di olah secara deskriptif, kedua hasil inventarisasi menjadi sumber bahan ajar biologi melalui identifikasi proses dan produk menjadi bahan ajar klasifikasi makhluk hidup IPA SMP. Penelitian ini berlangsung selama 8 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis-jenis Lepidoptera yang terdapat di Kawasan Hutan Kota BNI Kota Banda Aceh terdiri dari 7 family yang terdiri dari 20 spesies, Jenis- jenis Lepidoptera yang dijumpai pada lokasi penelitian adalah famili pieridae yang terdiri dari 5 spesies yaitu colias philodie, eurema hecabe,pieris rapae, catopsilia florella, appias lyncida, dari famili papilionidae 4 spesies yaitu papilio polites, graphium agamemnom, papilio memnom, papilio demoleus, dan dari family limatridae 6 spesies yaitu orgya australis, orgya definitie, euproctis guncula, perina sp.2, euproctis villida, euproctis grey. dari family danaidae 1 spesies yaitu tirumala sptentrionis, dari famili nimphapalidae 1 spesies yaitu junonia almana, dari famili nimpalidae 2 spesies yaitu neptis sappho, Danaus pleximus. dan dari famili lyncaidae 1 spesies yaitu arhopala fulla. (2) Setelah hasil inventarisasi di desain kedalam bahan ajar klasifikasi makhluk hidup sebagai acuan proses pembelajaran IPA.Kata kunci : inventarisasi lepidoptera, desain bahan ajar, klasifikasi 
IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI BAHAN AJAR BOTANI TUMBUHAN RENDAH DI KAWASAN TAHURA POCUT MEURAH INTAN KABUPATEN ACEH BESAR Mus riadi; Jai lani; Ar mi
Jurnal Biology Education Vol 1, No 1 (2012): JURNAL BIOLOGY EDUCATION
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.857 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v1i1.201

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Identifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Bahan Ajar Botani Tumbuhan Rendah Di Kawasan Taman Hutan Raya Po Cut Meurah Intan Kabupaten Aceh Besar, Penelitian dilakukan pada tanggal 05 s.d 07 November 2016. Penelitian ini bertujuan unatuk mengetahui jenis –jenis  tumbuhan paku apa saja sebagai bahan ajar Botani Tumbuhan Rendah, dan menjadikan sampel dari hasil penelitian sebagai bahan ajar botani Tumbuhan Tingkat Rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey Lapangan, Analisa data penelitian dilakukan secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan foto. Jenis tumbuhan ini memiliki penyebaran yang sangat luas di wilayah Indonesia. Identifikasi jenis tumbuhan paku dilakukan di TAHURA Pocut Meurah Intan. Hasil  penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat 41 jenis tumbuhan paku yang terdiri dari 19 famili. Jenis yang paling banyak dijumpai berasal dari famili Polypodiaceae sebanyak 8 jenis. Berdasarkan  potensi  pemanfaatannya, (2) yang  dapat  dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias sebanyak 9 jenis diantaranya Asplenium pellucidum Lam, dan Dipteris conjugata Reinw. (3) Sebagai tumbuhan obat sebanyak 11 jenis diantaranya Lecanopteris carnosa (Reinw.) Blume. dan Selaginella plana (Desv.ex Poir) Hieron., sebagai bahan kerajinan sebanyak 1 jenis yaitu Gleichenia hispida  Mett.ex Kuhn. dan sebagai bahan pangan sebanyak 5 jenis diantaranya Pteris mertensioides Willd dan Diplazium accendens Blume. Kata Kunci: Identifikasi, Tumbuhan Paku, Bahan Ajar Botani Tumbuhan Rendah
ANALISIS PELAKSANAAN CLINICAL PATHWAY DI RUMAH SAKIT UMUM DR. FAUZIAH BIREUN Nurliawati wati; Arifah Devi Fitriani; Jamaluddin Jamal; Idawati wati
Jurnal Biology Education Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Biology Education Vol. 7 No. 2 November 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.249 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i2.1589

Abstract

Rumah Sakit sebagai salah satu instistusi kesehatan harus memberikan pelayanan kepada seluruh pasien tanpa mengurangi mutu pelayanan. Untuk memastikan hal tersebut maka perlu dibuatkan clinical pathway. Penelitian ini bertujuan menganalisis hambatan serta kendala dalam pelaksanaan clinical pathway di RSUD dr. Fauziah Bireuen.   Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan wawancara mendalam dengan Informan utama yaitu komite medik, komite mutu dan manajemen, sedangkan informan triangulasi yaitu case manager, dokter, perawat, farmasi dan nutrisionis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan mengetahui tentang clinical pathway, pelayanan yang dirasakan pasien masih kurang, adanya sosialisasi tapi tidak maksimal, tidak ada pertemuan rutin dan pelatihan   lanjutan,   kekurangan   tenaga   farmasi   dan   obat-obatan   yang   tidak tercukupi, magement tidak menindak lanjuti setiap temuan yang ada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan baik, pelayanan masih kurang, komunikasi belum maksimal, kurang sumber daya manusia dan logistic farmasi dan ketidakpuasan terhadap mangemen sehingga menyebabkan berkurangnya tingkat kepatuhan dalam pelaksanaan clinical pathway. Disarankan kepada petugas kesehatan agar memberi asuhan sesuai dengan clinical pathway, untuk managemen agar merekrut tenaga farmasi, menyediakan anggaran untuk kebutuhan logistic farmasi, menindak lanjuti setiap temuan yang ada, melakukan monitoring evaluasi lebih lanjut dan berkala terhadap pelaksanaan clinical pathway sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan rumah sakit Kata kunci: clinical pathway, rumah sakit, dr.Fauziah Demontrasi
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTETIKAL-DEDUKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMAN DAN MAN DI KOTA BANDA ACEH WInda Yursila; Muhammad Ali; Ismul Huda
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.425 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.892

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar hipotetikal-deduktif dengan model siklus belajar. Pengambilan data dilakukan pada Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah yaitu SMA Negeri 7, SMA Negeri 2 dan MA Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri atas enam kelas yang berjumlah 126 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji parametrik independent sample t-tes dan uji non parametrik Mann-Whitney U dengan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa adalah sig. (2-tailed) 0,012 0,05. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang lebih baik pada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan siklus belajar hipotetikal-deduktif daripada yang diajarkan hanya dengan model siklus belajar. Kata Kunci: Siklus Belajar Hipotetikal-Deduktif, Motivasi Belajar
PENGARUH PENERAPAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SERTA PEMANFAATANNYA DALAM TEKNOLOGI DI SMPN 14 BANDA ACEH Jalaluddin Jala; Rubiah Rubi; Erna Wati
Jurnal Biology Education Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.486 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v7i1.1080

Abstract

PENGARUH PENERAPAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SERTA PEMANFAATANNYA DALAM TEKNOLOGI DI SMPN 14 BANDA ACEH Jaluddin, Rubiah, ErnawatiDosen Pendidikan BiologiMahasiswa Pendidikan Bilogi,Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh ABSRTAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi di SMPN 14 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 14 Banda Aceh tahun ajaran  2018-2019 sebanyak 128 siswa. Sampel penelitian  ditetapkan dua kelas yaitu kelas VIII-1(17 siswa) ditetapkan sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan model SQ3R dan kelas VIII-2 (17 siswa) sebagai kelas kontrol yang diajarkan  dengan metode konvensional. Instrumen  penelitian berupa silabus, RPP, LKPD, tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pedoman perhitungan Normalized gain ( N-Gain), dan uji hipotesis  dengan “uji-t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya perbedaan yang positif antara penggunaan model SQ3R dan konvensional terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa. Perolehan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 75,04 dengan nilai N-gain 0,54 (kategori sedang) dan kelas kontrol adalah 65,52 dengan nilai N-gain 0,39 (kategori sedang) .(2) Hasil uji t- diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,30 dan t tabel 1,69 sehingga t hitungt tabel. (3) Rata rata aktivitas siswa selama pembelajaran sudah dilakukan dengan sangat baik (100%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SQ3R pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi dapat berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa di SMP Negeri 14 Banda Aceh.  Kata kunci : Model pembelajaran SQ3R, Penguasaan konsep siswa.
PENGGUNAAN SLINGKI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2018-2019 Juwarni Juwarni; Nanda Fahira
Jurnal Biology Education Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.02 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v9i1.3016

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul penggunaan slingki sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2018-2019 dengan rumusan masalah penggunaan slingki sebagai media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang pada siswa kelas VIII-5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana metode ini digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam memahami konsep Gelombang dengan menggunakan media Slingki dengan analisis data yang digunanan ada secara deskriptif untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan II, maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, pada  konsep gelombang.  Hal ini dapat kita lihat dari  hasil belajar siswa, aktivitas siswa pada saat PBM berlangsung dan kemampuan guru dalam melaksanakan PBM. Setelah dilakukan analisis peningkatan ini berkaitan langsung dengan penggunaan  slinki sebagai media pembelajaran. Aspek yang terpenting adalah peningkatan hasil belajar siswa. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa,  sebagai media menggunakan asli yaitu slinki pembelajaran dapat juga berfungsi meningkatkan kemampuan daya pikir siswa pada konsep gelombang, yang selama ini dianggap sebagai materi yang sulit. Hasil belajar siswa  yang diperoleh pada  siklus I belum sesuai dengan harapan yang diinginkan yaitu 70% . Hasil belajar siklus I hanya 73,6 % siswa tidak tuntas dan sebanyak 3 orang siswa yang memperoleh nilai 68 keatas tidak sesuai dengan nilai KKM. Berdasarkan dari seluruh hasil tindakan yang menunjukkan terjadinya  peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan keaktifan siswa serta peningkatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media asli  sebagai media pembelajaran dapat digunakan pada  konsep gelombang. Maka dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gelombang di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda Aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa pada konsep gelombang, di kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Banda aceh. Penggunaan media asli yaitu slinki sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran  pada konsep gelombang,  di kelas VIII-5 SMP negeri 3 Banda aceh.
Formulasi Bubur Bekatul (Nutrice Bran Fisoy) Sebagai Makanan Tambahan Untuk Peningkatan Berat Badan Anak Gizi Kurang Di Kabupaten Aceh Besar Silvia Wagustina
Jurnal Biology Education Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Biology Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.083 KB) | DOI: 10.32672/jbe.v6i2.300

Abstract

Status gizi dan angka kematian bayi (AKB) merupakan salah satu indikator kesehatan masyarakat. Kecukupan gizi sangat mempengaruhi kehidupan bayi dan anak-anak di bawah usia lima tahun.Di Aceh, prevalensi anak balita gizi buruk dan gizi kurang meningkat sekitar 4 persen dari 23 persen pada 2010, menjadi 27 persen pada 2013. Di Kabupaten Aceh Besar, prevalensi gizi buruk dan kurang sebesar 22,1 persen. Diperlukan upaya penanggulangan untuk menurunkan prevalensi gizi kurang di Aceh dengan pemberian makanan tambahan yang berbasis bekatul (rice bran) dalam bentuk “Nutrice Bran Fisoy”.Tujuan penelitian ini  memproduksi formula bubur berbasis bekatul dan mengetahui pengaruhnya terhadap berat badan anak gizi kurang. Formula bubur berbasis bekatul ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai makanan tambahan bagi anak yang menderita gizi kurang dalam upaya menurunkan prevalensi gizi kurang di kecamatan Darul Imarah.Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan disain Randomized Controlled Trial (RCT). Data yang dikumpulkan adalah karakteristik sampel subjek penelitian dan  berat badan anak gizi kurang sebelum dan setelah pemberian produk “Nutrice Bran Fisoy. Pemberian intervensi pada kelompok perlakuan selama 2 minggu. Analisa data menggunakan uji statistik t-tes dependent dan independent dengan derajat kepercayaan 95% (α 0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa rerata berat badan balita sebelum diberikan formula NBF untuk kelompok perlakuan adalah 8,42 kg dan pada kelompok kontrol 8,15 kg. Setelah diberikan formula NBF rerata berat badan balita untuk kelompok perlakuan 8,71 kg dan pada kolompok kontrol 8,30 kg. Terdapat peningkatan berat badan setelah pemberian formula NBF sebesar 290 gram pada kelompok perlakuan dan 150 gram pada kelompok kontrol.Ada pengaruh pemberian formula NBF terhadap berat badan anak gizi kurang pada kedua kelompok dengan p 0,05.Formula NBF dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk peningkatan berat badan anak gizi kurang.

Page 1 of 25 | Total Record : 248