Jurnal Biology Education
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019

IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA

Jailani Jailani (Dosen Pendidikan Biologi FKIP USM)
Anwar Anwar (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP USM)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

IMPLELENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIT TINGKAT TINGGI PADA SISWA  OlehJailani, dan Anwar FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh  Abstrak: Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan tingkat penalaran berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar mereka. Salah satu penyebabnya adalah kecendrungan siswa terbiasa hanya  mengembangkan pola berpikir tingkat rendah. Sebenarnya  salah satu tujuan utama pendidikan sains adalah mendorong perkembangan intelektual dan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada diri siswa. Penyiapan generasi berkualitas hendaknya dapat dilakukan melalui pemberdayaan siswa melalui pemecahan masalah dengan meningkatkan penalaran dalam pendekatan, strategi, metode maupun upaya tehnis pembelajaran apapun. Salah satu contoh pembelajaran yang memberdayakan pemecahan masalah, dan yang diyakini dapat meningkatkan hasil pembelajaran adalah yang menggunakan pola pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Learning (PBL). PBL dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektuan, sehingga menjadi siswa yang autonom dan mandiri. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL),  berpikir tingkat tinggi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...