UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS)DALAM PEMBELAJARAN SAINS Jailani (Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP, USM Banda Aceh) ABSTRAK Pendidikan sains diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan sains diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar dan teknologi. Pendekatan Science Technology Society(STS) merupakan salah satu pendekatan yang menghubungkan antara pembelajaran sains di dalam kelas dengan kemajuan teknologi dan perkembangan masyarakat yang ada disekitar siswa. Melalui pendekatan ini, siswa dilatih untuk memadukan pemahamannya tentang dunia alam (sains) dengan dunia buatan manusia (teknologi) dan dunia sosial melalui pengalaman siswa sehari-hari dalam lingkungan masyarakat. Sains diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan STS tidak hanya menekankan pada penguasaan ranah konsep sains, namun juga menekankan pada penguasaan proses sains, berpikir kreatif, dan pembentukan sikap ilmiah. Kata kunci : pendekatan STS, literasi sains dan teknologi.
Copyrights © 2015