Jurnal Biology Education
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Biology Education 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS XI IPA. 3 SMA NEGERI 1 MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA

Muhammad Jamil (Guru SMA Negeri 1Matangkuli, Aceh Utara)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS XI IPA. 3 SMA NEGERI 1 MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA  Muhammad JamilGuru SMA Negeri 1Matangkuli, Aceh Utara(jamilbio31@gmail. com) ABSTRAKPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran biologi Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di Kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara.Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di Kelas XI IPA. 3SMA Negeri 1 Matangkuli tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Jigsaw, yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 34 orang.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama(3) bulan, dari bulan Maret sampai dengan bulan mei,  dalam 2 siklus .Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi, wawancara dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data.Simpulan dari penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA. 3 SMA Negeri 1 Matangkuli tahun pelajaran 2017/2018. Hasil dari observasi menunjukkan rata-rata indikator aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada siklus I adalah 63,29% dan pada siklus II adalah 87,85%. Dari siklus I ke siklus II meningkat 24,56%. Hasil tes pengetahuan materi sistem ekskresi pada manusia juga mengalami peningkatan pada siklus I adalah 65,67 dan pada siklus II 80,51, dari siklus I ke siklus II meningkat 14, 84. Hasil angket kepuasan siswa terhadap penggunaan pembelajaran model jigsaw juga meningkat dari siklus I adalah 78,41 dan pada siklus II 81,78, dari siklus I ke siklus II meningkat 3, 37. Demikian juga pada penampilan guru pada proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,0% dan pada siklus II 83,50% meningkat sebesar 22,50.  Kata Kunci:  model pembelajaran jigsaw, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...