Jurnal Biology Education
Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Biology Education 2015

Jurnal Biology Education 2015

Musriadi Aswad (Dosen Pendidikan Biologi FKIP Univ. Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2015

Abstract

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING  TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA PADA KONSEP JAMUR SMA KOTA BANDA ACEH 1Musriadi 2RubiahDosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Serambi MekkahMusriadi.biologi@gmail.com ABSTRAK Model Pembelajaran dalam pendekatan kontekstual adalah model problem based learning merupakan suatu model dalam pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan masalah dari suatu peristiwa yang nyata, mengumpulkan informasi melalui strategi yang telah ditentukan sendiri untuk mengambil satu keputusan pemecahan masalahnya yang kemudian akan dipresentasikan dalam bentuk unjuk kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada konsep jamur (fungi)  yang dibelajarkan dengan model problem based  learning dan hasil belajar siswa yang  dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2)  kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep jamur (fungi) yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan  kemampuan kerja ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode dalam  penelitian adalah metode Quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa   kelas X  semester ganjil  pada Tahun Ajaran 2014, yang berjumlah 4 kelas paralel. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling  terdiri dari kelas eksperimen  (Problem based learning) dan kelas kontrol (Pembelajaran konvensional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarakan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, thitung = 4,269, t-tabel = 2,055 (2) terdapat perbedaan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBI dengan pembelajaran konvensional, thitung = 2,982, t-tabel= 2,055 Hasil penelitian menunjukkan: (1)  hasil belajar siswa konsep jamur (fungi)  dengan model PBI (0,58)  lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (0.32). (2)  Skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan model PBI (76) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (74). Kata Kunci:      model problem based learning, hasil belajar, kerja imiah siswa, dan konsep jamur

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...