Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif
Vol. 2 No. 1 (2019)

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR DENGAN STRATEGI A-P3 MELALUI TEKNIK KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII-D MTs MIFTAHUL HUDA RAWALO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sumiyati, Sumiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, melihat respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi A-P3 dalam pemecahan masalah dan teknik kooperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sederhana yang merupakan bantuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan (guru/peneliti) yang ditujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar diperoleh hasil yang optimal. Siswa kelas VIII-D MTs Miftahul Huda Rawalo memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran matematika dengan strategi A-P3 pemecahan masalah dan teknik kooperatif yang telah dilakukan. Hal ini terlihat dari angket, lembar observasi dan wawancara di mana pada umumnya siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi A-P3 dalam pembelajaran pemecahan masalah dan teknik kooperatif. Dengan menggunakan strategi A-P3 dalam pemecahan masalah siswa mampu menyelesaikan masalah matematika yang tidak rutin dan siswa lebih tertarik untuk belajar matematika, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika. Hasil penelitiannya adalah Pembelajaran matematika dengan strategi A-P3 dalam pemecahan masalah dan teknik kooperatif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII-D MTs Miftahul Huda Rawalo, baik dilihat dari persentase kemampuan pemecahan masalah siswa, maupun dari rata-rata gain ternormalisasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

DI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus And Scope Focus Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif adalah jurnal yang berisi artikel hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Scope Strategi Pembelajaran Desain dan Metode Pembelajaran ...