Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan
Vol. 5 No. 1 (2019): JURNAL AGAMA BUDDHA DAN ILMU PENGETAHUAN

UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDENTS' TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (PENELITIAN TINDAKAN DI SMB DHAMMASENA, KECAMATAN PAGENTAN, KABUPATEN BANJARNEGARA)

Mulyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui penerapan metode STAD; 2) menemukan kelebihan dan kekurangan dari metode STAD dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Dua siklus diperlukan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum kuesioner diberikan kepada responden Sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif persentase sedangkan analisis data kualitatif menggunakan interactive model yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode STAD dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis kuesioner yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa memiliki kreativitas belajar yang baik, 2) kelebihan metode STAD adalah: a) Melatih siswa untuk bertanggungjawab dalam mengatasi berbagai permasalahan yang disajikan oleh guru; b) Melatih siswa untuk saling bekerjasama dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang ada; c) Meningkatkan keaktifan siswa; d) Melatih siswa untuk menerima berbagai pendapat; e) Melatih siswa untuk berinteraksi secara positif dengan teman sebaya, Sedangkan kelemahannya adalah sebagai berikut: a) Memerlukan waktu yang relatif panjang; b) Jika siswa tidak partisipatif dan aktif maka pembelajaran dengan metode ini sulit untuk diterapkan; c) Harus menghadirkan permasalahan yang dapat dijangkau oleh pemikiran siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ABIP

Publisher

Subject

Religion Humanities Physics Social Sciences Other

Description

ABIP adalah Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan , yang terbit tiap tahun, merupakan jurnal yang sebelumnya terbit secara intern dalam lingkungan Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Dalam periode September 2014 ABIP terbit dalam skala yang lebih luas, menjadi jurnal ...