Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
Vol 2, No 2 (2020): November

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 CILAKU CIANJUR

Rieske Iswardhany (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Interaksi sosial guru dengan siswa sebagai faktor eksternal yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar perlu sekali adanya interaksi guru dengan siswa yang komunikatif, kondisi yang menyenangkan dan suasana keakraban antara guru dan siswa. Sehingga dengan adanya rasa senang kepada guru. Maka, siswa dan siswi akan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh gambaran Interaksi Sosial guru dengan siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 2) Memperoleh gambaran Motivasi siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 3) Mengetahui seberapa besar Pengaruh pengaruh Interaksi Sosial guru dengan siswa terhadap motivasi belajar jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitan Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa dari jumlah populasi 66 siswa kelas XI program keahlian TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur. Dari hasil analisis data diperoleh hubungan yang terjadi antara kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Gambaran interaksi sosial siswa dengan  guru dalam kriteria baik. Sedangkan gambaran umum dari motivasi belajar siswa di jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur adalah tinggi. Berdasarkan pada kriteria penafsiran koefisien korelasi, hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori kuat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering ...