Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 7, No 1 (2014): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Sri Susilawati (Unknown)
Abdul Hasan Saragih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Discovery dan Strategi Ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Gaya Berpikir Divergen dan Gaya Berpikir Konvergen, interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Gaya Berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar Matematika siswa; yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori, yang memiliki Gaya Berpikir Divergen lebih tinggi dibandingkan dengan Gaya Berpikir Konvergen, dan terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Gaya Berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...