cover
Contact Name
Mursid
Contact Email
mursid.tp@gmail.com
Phone
+6281361618271
Journal Mail Official
editor.jtpunimed@gmail.com
Editorial Address
Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24077437     DOI : https://doi.org/10.24114/jtp
Core Subject : Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran secara menyeluruh. Fokus Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) adalah karya inovatif pada pengembangan model, strategi, pendekatan, teknik dan taktik dalam pembelajaran maupun pengembangan multimedia pendidikan yang efektif untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan.
Articles 216 Documents
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA R Mursid; Intan Kesuma
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 5, No 2 (2012): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v5i2.4973

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Kimia antara siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery dan Strategi Pembelajaran Discovery, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  tinggi dan Kecerdasan Emosional rendah (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Kecerdasan Emosional dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia  siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan disain penelitian faktorial 2x2 pada taraf signifikansi a = 0.05. Syarat ANAVA adalah data berdistribusi normal dengan uji Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji Fisher. Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) hasil belajar Kimia siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia  siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Discovery, dengan Fhitung 10,3406 > Ftabel 3,92, (2) hasil belajar Kimia  siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  rendah dengan Fhitung 5,12915 > Ftabel 3,92, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Kecerdasan Emosional  dalam mempengaruhi hasil belajar Kimia, dengan Fhitung 8,572374 > Ftabel 3,92. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran Guided Discovery lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional  yang rendah dan strategi pembelajaran Discovery lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional tinggi. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru kimia  yaitu dalam penerapan Strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya Kecerdasan Emosional.   Kata Kunci : Discovery berbasis TIK, Guided Discovery berbasis TIK, Kecerdasan Emosional
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA PROPINSI ACEH Wahyu Budi Wiyono
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 10, No 1 (2017): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v10i1.8723

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar PKn antara siswa dengan kemandirian tinggi dan hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar PKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen disain faktorial 2 x 2. Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi pembelajaran generatif dan ekspositori terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari karakteristik kemandirian siswa. Strategi pembelajaran generatif dan ekspositori diperlakukan kepada kelompok eksperimen siswa dengan kemandirian yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif lebih tinggi, (2) hasil belajar PKn siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kemandirian rendah, (3) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, (4) hasil belajar PKn siswa dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan kemandirian tinggi lebih tinggi, (5) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian tinggi lebih tinggi, dan (6) hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif dan kemandirian rendah lebih rendah. Kata Kunci: strategi pembelajaran generatif dan ekspositori, kemandirian, hasil belajar, PKn Abstract: The purpose of this research is to know: (1) learning outcomes of Civics students are taught with generative learning strategies and learning outcomes of Civics students taught by expository learning strategies, (2) learning outcomes of Civics between students with high independence and student learning outcomes with low self-reliance, and (3) the interaction between learning strategies and independence of Civics learning outcomes. This research uses experimental method with quasi design of 2 x 2 factorial design. Through this design will be compared the influence of generative and expository learning strategy toward the result of Civic learning in terms of the characteristics of student independence. Generative and expository learning strategies are treated to student experiment groups with different independence. The research findings show that: (1) the students' learning outcomes are taught by the higher generative learning strategy, (2) the students' Pkn learning outcomes of PKn with higher independence than the students with low self-reliance, (3) the students' Pkn learning outcomes taught by the strategy generative learning and higher autonomy are higher, (4) student learning outcomes of PKn with those taught with expository learning strategies with higher autonomy, (5) student learning outcomes Pkn of students who are taught with generative learning strategies and higher autonomy, and (6) ) students' PKn learning outcomes are taught with generative learning strategies and lower self-reliance Keywords: generative learning strategies and expository, independence, learning outcomes, PKn
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 STABAT Abdul Hasan Saragih
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 5, No 1 (2012): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v5i1.509

Abstract

This classroom research was conducted on the autocad instructions to the first grade of mechinary class of SMK Negeri 1 Stabat aiming at : (1) improving the student’ archievementon autocad instructional to the student of mechinary architecture class of SMK Negeri 1 Stabat, (2) applying Quantum Learning Model to the students of mechinary class of SMK Negeri 1 Stabat, arising the positive response to autocad subject by applying Quantum Learning Model of the students of mechinary class of SMK Negeri 1 Stabat. The result shows that (1) by applying quantum learning model, the students’ achievement improves significantly. The improvement ofthe achievement of the 34 students is very satisfactory; on the first phase, 27 students passed (70.59%), 10 students failed (29.41%). On the second phase 27 students (79.41%) passed and 7 students (20.59%) failed. On the third phase 30 students (88.24%) passed and 4 students (11.76%) failed. The application of quantum learning model in SMK Negeri 1 Stabat proved satisfying. This was visible from the activeness of the students from phase 1 to 3. The activeness average of the students was 74.31% on phase 1,81.35% on phase 2, and 83.63% on phase 3. (3) The application of the quantum learning model on teaching autocad was very positively welcome by the students of mechinary class of SMK Negeri 1 Stabat. On phase 1 the improvement was 81.53% . It improved to 86.15% on phase 3. Therefore, The improvement ofstudent’ response can be categorized good.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Maulina Siregar; Abdul Hasan Saragih; Julaga Situmorang
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 12, No 1 (2019): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v12i1.14504

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD; (2) kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal memperoleh hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan ganda (kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal) terhadap hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT (rata-rata 81,95) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran STAD (rata-rata 79,10); (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal (rata-rata 84,06) lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal (rata-rata 77,64); dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda tehadap hasil belajar IPS siswa.  Kata Kunci: strategi pembelajaran NHT, STAD, kecerdasan ganda, IPS Abstract: This study aims to determine: (1) the learning outcomes of groups of students taught using NHT learning strategies are higher than students taught by using STAD learning strategies; (2) groups of students who have interpersonal intelligence get higher social studies learning outcomes compared to groups of students who have intrapersonal intelligence; and (3) the interaction between NHT learning strategies and STAD learning strategies and multiple intelligences (intrapersonal intelligence and interpersonal intelligence) on social studies learning outcomes. The method used in this research is quasi-experimental research method. The results showed: (1) Social studies learning outcomes of students who were taught using the NHT learning strategy (an average of 81.95) were higher than the learning outcomes of students taught with the STAD learning strategy (an average of 79.10); (2) social studies learning outcomes of students who have interpersonal intelligence (on average 84.06) higher than groups of students who have intrapersonal intelligence (on average 77.64); and (3) there is an interaction between learning strategies and multiple intelligences towards students' social studies learning outcomes. Keywords: NHT learning strategies, STAD, multiple intelligence, social studies
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA Siti Aisyah Hanim; Khairil Anshari
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 2 (2015): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v8i2.3320

Abstract

"> bstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan strategipembelajaran Ekspositori. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikirsekuensial konkrit lebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak., interaksi antarastrategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Indonesiasiswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2,sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi  = 0.05.Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajarkankan denganstrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tinggi dibandingkan Strategi PembelajaranEkspositori, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkritlebih tinggi dibandingkan gaya berpikir sekuensial abstrak dan terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. PenggunaanStrategi Pembelajaran Accelerated Learning lebih tepat digunakan untuk siswa yang memilikigaya berpikir sekuensial konkrit dan strategi pembelajaran ekspositori lebih tepat digunakan padasiswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak.Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar bahasa indonesia
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RMR SEBAGAI PENDETEKSI DAN PEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI REDOKS DENGAN STRATEGI CONCEPTUAL CHANGE TEXT Puthut Megantoro; Sukarmin .
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 14, No 1 (2021): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v14i1.22240

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kelayakan multimedia interaktif RMR yang dikembangkan sebagai media pendeteksi dan pereduksi miskonsepsi materi redoks menggunakan strategi Conceptual change text (CCT). Kelayakan media dinilai dari tiga aspek yaitu : 1) Aspek validitas media yang meliputi validitas isi dan konstruk, 2) Aspek kepraktisan media yang dinilai dari angket respon siswa dan observasi aktivitas siswa, 3) Aspek keefektifan media yang diketahui dari nilai pergeseran konsep siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek penelitiannya adalah 16 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Papar Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif RMR layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Kelayakan dibuktikan dengan hasil penilaian dari tiga aspek kelayakan sebagai berikut : 1) Rata-rata persentase validitas isi adalah 94,72% dan rata-rata persentase validitas konstruk adalah 92,78% kedua validitas dikategorikan sangat valid 2) Rata-rata persentase kepraktisan dari angket respon siswa adalah 98,44% dan dari observasi aktivitas siswa adalah 88,89% keduanya dikategorikan sangat praktis, 3) Keefektifan media berdasarkan hasil pergeseran konsep siswa mendapatkan persentase pergeseran konsep siswa sebesar 86,29% dan dikategorikan sangat efektif. Kata kunci : Multimedia Interaktif RMR, Miskonsepsi, Redoks, Conceptual change text. Abstract: This study aims to determine the feasibility of RMR interactive multimedia developed to detect and reduce misconceptions in redox material using Conceptual Change Text (CCT) strategy. Media feasibility is reviewed from three aspects, namely : 1) Media validity that includes content and constructs validity, 2) Practicality of the media, which is assessed from the questionnaire of student response and observation of student activities, and 3) The effectiveness of the media, which is known from the shifting concept of students from misconception into knowing the concept. This study used the Research and Development (R&D) method with the research subjects were 16 students of 12th grade at Senior High School 1 Papar Kediri. This study showed that RMR multimedia interactive is feasible to reduce students' misconceptions in redox material. The feasibility is proven by the assessment results of the three aspects of feasibility as follows: 1) The average percentage of content validity is 94.72%, and the average percentage of construct validity is 92.78% both of validity are categorized as very valid, 2) The practicality of the media reviewed from the student response questionnaire gets a percentage score of 98.44%, and observation of student activities with a percentage of 88.89% both are categorized as very practical, 3) The effectiveness of media reviewed from the results of shifting student concepts gets a percentage of 86.29% with a very effective category. Keywords : RMR Interactive Multimedia, Misconception, Redox, Conceptual Change Text.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI POKOK INFAK HARTA DILUAR ZAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Muhammad Zulham Hidayah
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 11, No 1 (2018): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v11i1.11191

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam pada materi pokok infak harta diluar zakat pembahasan Sedekah, Hibah, dan Hadiah di kelas VIII SMP AL-Hidayah Medan  dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan tes hasil belajar siswa secara individu.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Hidayah Medan yang berjumlah  39 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Sebelum pemberian tindakan, persentase ketuntasan klasikal siswa dilihat dari pree test diperoleh sebesar 25,64 % (10 siswa). Setelah pemberian tindakan dengan menggunkan model pembelajaran Kooperatif tipe STADl. Tes hasil siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikalnya sebesar 53,84 % (21 Siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II maka nilai persentase ketuntasan klasikalnya meningkat sebesar 87,17 % (34 siswa). Jadi peningkatan nya mencapai 33.33 % dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam dan merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran untuk mengerjakan materi dengan mengembangkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatif tipe STAD Abstract: This study aims to determine the increase in the results of learning Islamic religious education in the subject matter of infaq assets outside the almsgiving discussion of Alms, Grants, and Gifts in class VIII of Medan AL-Hidayah Middle School by applying the Cooperative Type STAD learning model. This research is a classroom action research conducted in 2 cycles which includes planning, implementing, observing and reflecting activities. Whereas to find out the ability of students, researchers use individual student learning outcomes tests. The subjects in this study were the eighth grade students of Medan AL-Hidayah Middle School, amounting to 39 students consisting of 23 male students and 16 female students. Before giving action, the percentage of students' classical completeness seen from the pree test was obtained at 25.64% (10 students). After giving action by using the STADl type cooperative learning model. Student test results in cycle I get a classic percentage of 53.84% (21 students). Whereas after the improvement from cycle I to cycle II, the percentage of classical completeness was increased by 87.17% (34 students). So the increase reached 33.33% from cycle I to cycle II. From the results of this class action research, the researchers concluded that there was an increase in the results of learning Islamic religious education and recommending the implementers of learning to work on the material by developing a Cooperative Type STAD learning model Keywords: Islamic Education, Learning, Learning Models, Cooperative type STAD
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS . Nurli; R Mursid; Samsidar Tanjung
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 11, No 2 (2018): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v11i2.12585

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa membaca dalam bahasa Inggris yang diajar dengan strategi pembelajaran  Simulasi Sosial lebih tinggi daripada dengan strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar membaca siswa dalam bahasa Inggris  dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar membaca siswa bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Peureulak Aceh Timur terdiri dari 6 kelas dengan jumlah sebanyak 204 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada  yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi  lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan  (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris.  Kata Kunci: strategi  pembelajaran, motivasi belajar, membaca bahasa inggris  Abstract: The purpose of this study was to find out: (1) learning outcomes of students reading in English taught with Social Simulation learning strategies higher than with Expository learning strategies, (2) student reading learning outcomes in English with higher learning motivation rather than low learning motivation, and (3) the interaction between learning strategies and learning motivation in influencing the results of learning to read English students. The population of this study was all eighth grade students of Madrasah Tsanawiyah Peureulak, East Aceh consisting of 6 classes with a total of 204 students. The results showed: (1) the average learning outcomes of students taught with Social Simulation learning strategies were higher than those taught with expository learning strategies, (2) the average learning outcomes of students with high learning motivation were higher than low learning motivation, and (3) there are interactions between learning strategies and learning motivation towards learning outcomes in English. Keywords: learning strategies, learning motivation, reading English
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU Ruth Maduma Silitonga; Sahat Siagian
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 8, No 1 (2015): April - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v8i1.3309

Abstract

"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dankebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA terpadu. Metode yang digunakan adalah metodequasi-eksperimental method yang dilaksanakan di SMP Swasta T.D. Pardede Foundation Kab.Deli Serdang, dengan populasi seluruh siswa kelas VII, pada semester I (satu), dengan sampeladalah siswa pada kelas VII-A, dan siswa pada kelas VII-D yang diambil secara cluster randomsampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan strategi pembelajaraninvestigasi kelompok memiliki hasil belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, Fh = 179.13 > Ft = 4,02 pada α = 0.05. Siswadengan kebiasaan belajar yang baik memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengansiswa yang memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik (Fh = 4.68 > Ft = 4.02), ada interaksiantara strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar biologi (Fh =11.05 > Ft (4.02), α = 0.05). Uji lanjut dengan Uji scheffe menunjukkan bahwa siswa yang diajardengan strategi pembelajaran investigasi kelompok dengan kebiasaan belajar yang baik hasilbelajarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaranekspositori dengan kebiasaan belajar yang kurang baik.Kata Kunci: strategi pembelajaran, kebiasaan belajar, ilmu pengetahuan alam terpadu
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIP PEMBUATAN MOCK UP ICE CREAM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Trean Khautsar Maharputrananda
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Vol 13, No 2 (2020): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jtp.v13i2.18446

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran video klip pembuatan mock up ice cream terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner, Universitas Negeri Jakarta pada bulan Juni 2017 – Agustus 2017. Menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masingmasing terdiri dari 25 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan cara mengisi kuisioner dalam bentuk 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validasi dan reliabilitas tentang materi mock up ice cream. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 diperoleh ????"#$%&’ sebesar 1,62 sedangkan nilai ????$()*+ untuk α = 0,05 dan dk = 48 yaitu ????$()*+ = 2,012. Karena 1,62 < 2,012 maka ????- diterima yang artinya tidak terdapat pengaruh media pembelajaran video klip pembuatan mock up ice cream terhadap hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : Video Klip Pembuatan Mock Up Ice Cream, Hasil Belajar  Abstract: This study aims to determine the influence of the application of video clips media learning for making mock up ice cream to learning outcomes. This research conducted at Culinary Arts Vocation Education, State University of Jakarta in June 2017 – August 2017. This research used Quasi Eksperimen method where there are experiment group and control group each composed of 25 students. Data were collected by giving a 20-item questionnaire of multiple choice questionnaire that has been tested for validation and reliability of mock up ice cream material. The results of hypothesis testing using the t-test with α = 0.05 obtained t-hitung of 1.62 while the value t_tabel for α = 0.05 and dk = 48 that is t_tabel = 2.012. Because the 1.62< 2.012 then accepted H0 which means there is not use video clips media learning making mock up ice cream on the results of student learning. Keywords: Video Clips Media Learning for Making Mock Up Ice Cream, Learning Outcomes

Page 1 of 22 | Total Record : 216