Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12, No 2 (2019): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Syaifullah . (Unknown)
Harun Sitompul (Unknown)
Mukhtar . (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) mengetahui hasil belajar  Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki Kemandirian Tinggi Dan kemandirian rendah. (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Populasi berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 55 orang yang terdiri dari  kelas A.1 dan A.2. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan: (1) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran portofolio lebih tinggi dari pada hasil belajar  siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam  siswa yang memiliki kemandirian tinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki kemandirian rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: portopolio, ekspositori, kemandirian, agama islam Abstract: This study aims to: (1) find out the learning outcomes of Islamic Religious Education students who are taught with portfolio learning strategies are higher than students who are taught with expository learning strategies. (2) knowing the learning outcomes of Islamic Religious Education students who have High Independence and Low Independence. (3) find out the interaction between learning strategies and independence of learning outcomes of Islamic Religious Education. This research was conducted at SMA Negeri 2 Takengon, Central Aceh District. The population is 207 people. Sampling was done by cluster random sampling totaling 55 people consisting of classes A.1 and A.2. The research method used was a quasi-experimental with 2 x 2 factorial design. The statistical test used was descriptive statistics to present data and continued with inferential statistics using two-way ANOVA with a significant level α = 0.05 followed by the Scheffe test. Previously conducted an analysis test in the form of a normality test and a homogeneity test. The results showed: (1) the learning outcomes of Islamic Religious Education students who were taught with portfolio learning strategies were higher than the learning outcomes of students who were taught with expository learning strategies; (2) learning outcomes of Islamic Religious Education students who have high independence than the learning outcomes of Islamic Religious Education students who have low independence; (3) there is an interaction between learning strategies and independence in influencing student learning outcomes. Keywords: portfolio, expository, independence, Islamic religion

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...