Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 14, No 1 (2021): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEMA ALAT PENGENDALI PENCEMAR UDARA BERBASIS AUGMENTED REALITY

Yudith Vega Paramitadevi (Sekolah Vokasi IPB)
Faldiena Marcelita (Sekolah Vokasi IPB)
Ana Turyanti (IPB University)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Abstrak: Penciptaan dan pengembangan material pembelajaran dalam situasi ketidakpastian saat ini merupakan tantangan yang dihadapi pendidik. Tantangan tersebut terjawab seiring teknologi Augmented dan Virtual Reality (AR dan VR) mulai diterapkan di kelas praktikum. Pengembangan modul praktikum mata kuliah Kualitas Udara dan penilaian keberterimaan modul bagi mahasiswa Prodi D3 Teknik dan Manajemen Lingkungan merupakan tujuan dalam penelitian ini.  Modul terdiri dari buku panduan, marker AR, aplikasi KU-AR dan kuisioner formatif yang diisi oleh responden 28 mahasiswa. Analisis formatif menunjukkan mayoritas mahasiswa dapat menerima modul dan menjadi termotivasi untuk mempelajari desain alat pengendali pencemar udara lanjutan. Pengenalan alat pengendali pencemar udara melalui modul AR dapat memberikan pengalaman yang berguna bagi mahasiswa, khususnya vokasi. Kata Kunci: alat pengendali, aplikasi KU-AR, modul praktikum, pengembanganAbstract: The creation and development of learning materials in today's uncertainty is a challenge for educators.  Augmented and Virtual Reality (AR and VR) technologies responded to this challenge since they began to be applied in practicum classes. The development of the practicum module for the Air Quality course and the assessment of module acceptance for D3 Engineering and Environmental Management Study Program students are the objectives of this research. The module consists of a guidebook, AR markers, the KU-AR application, and a formative questionnaire filled out by 28 student respondents. The constructive analysis shows that most students can receive the module and become motivated to study advanced air pollutant control design. The introduction of air pollutant controllers through the AR module can provide a useful experience for students, especially vocational students.Keywords: air pollutant controller, development, KU-AR application, practicum module

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...