MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Arief Aulia Rahman (Unknown)
Hasmanidar Hasmanidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar aktivitas siswa (LKS) persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa SMA Negeri 1 Kaway XVI kelas X Mia 2 dan objek dalam penelitian ini adalah Kelayakan LKS persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel berbasis Realistic Mathematics Education dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4-D) yaitu Tahap pendefinisian, Tahap perancangan, Tahap pengembangan dan Tahap penyebaran . Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan LAS yang dilihat dari segi kevalidan diperoleh skor rata-rata keseluruhan yaitu 4,21 dengan kriteria valid. (2) kelayakan LAS yang dilihat dari segi kepraktisan diperoleh skor rata-rata aspek yaitu 4,42 dengan kriteria sangat praktis. (3) kelayakan LAS yang dilihat dari segi keefektifan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dilihat dari ketuntasan klasikal siswa 80% dengan kriteria efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...