cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 273 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESNTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII 2 DI SMP NEGERI SATU ATAP PEBAYURAN Dini Siti Nurhaliza; Dani Firmansyah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan reptesentasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri Satu Atap Pebayuran. Kemampuan representasi dapat mendukung siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang dipelajari dan keterkaitannya; untuk mengkomunikasian ide-ide matematis siswa; untuk lebih mengenal keterkaitan (koneksi) diantara konsep-konsep matematika; ataupun menerapkan matematika pada permasalahan matematik realistik melalui pemodelan. Representasi matematika dikelompokkan kedalam 3 bentuk, yaitu (1) representasi berupa diagram, grafik atau tabel, dan gambar; (2) persamaan atau ekspresi matematika; (3) kata-kata atau  tekstertulis.Pengumpulan data siswa dilakukan dengan teknik tes tertuliskemampuan representasi matametis pada materi bangun datar. Data hasil tes tertulis akan dianalisis secara kualitatif yang kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid. Penelitian ini menghasilkan deskripsi mengenai kemampuan representasi matematis siswa. Siswa masih keselitan dalam mengerjakan soal dan mempunyai kemampuan representasi matematis yang kurang. Kata-kata kunci:Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 
PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA Henra Saputra Tanjung
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa, setelah peneliti melakukan observasi di SMAN 3 Darul Makmur dengan memberikan sedikit pertanyaan kepada guru tentang pemahaman terhadap materi. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa terhadap materi masih tergolong rendah karnaguru masih cendrung menggunakan metode ceramah. Dari hasil tersebut maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul penerapan model Realistik Mathematics Education pada materi statistik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMAN 3 Darul Makmur. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Darul Makmur dan objek penelitiannya adalah XI IPA1 SMAN 3 Darul Makmur dengan jumlah 20 siswa, yang terdiri dari 9 siswa dan 11 siswi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari lembar soal tes dan lembar observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) lembar observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan model Realistik Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi siswa pada materi statistika yaitu dilihat dari hasil tes persiklus, dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Realistik Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi siswa pada materi statistika.
PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 04 TEBING TINGGI Aprillia, Ulfa Dwi; Syahlan, Syahlan; Hasratuddin, Hasratuddin
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to determine whether the CTL learning model is effective against students' mathematical communication disposition and abilities. This research is a quantitative study, the population is students of class X SMA 04 Tebing Tinggi in the academic year 2019/2020. Randomly selected two classes randomly selected namely class X MIA 2 as an experimental class using the CTL learning model and class X MIA 4 as a control class that uses a direct learning model. Data collection methods are the method of observation, tests, and disposition questionnaires. The analysis was performed using the Simple Linear Regression Test. The results of this study indicate that: (1) the influence of CTL on mathematical communication is 91.3%; (2) the effect of CTL on mathematical disposition was 52.7%; (3) communication skills in the control class are better than the experimental class; (4) the mathematical disposition of experimental class students is better than the control class; (5) mathematical disposition has a positive effect on the ability of mathematical communication in the experimental class.Keywords: contextual teaching and learning, mathematical disposition, communication ability
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH Roslina, Roslina; Sulastri, Rini; Milasari, Milasari
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu meningkatkan prestasi belajar siswa adalah melalui pembelajaran Team Quiz. Team Quiz merupakan salah satu tipe model pembelajaran active learning. Dengan pendekatan atau pembelajaran Team Quizini siswa diharapkan aktif belajar, siswa mampu mampu bertanya maupun menjawab dan meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team quizpada materi bilangan pecahan siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian dengan taraf signifikan   =0,05 dan derajat kebebasan dk= 15 menunjukkan uji t=table yaitu t=1,7. Oleh karena itu, t hit> t tab  atau 4,14 > 1,17 maka hipotesis  Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh dengan menggunakan model team quiz sudah mencapai taraf berhasil.Kata kunci : Model Kooperatif, Team Quiz, Bilangan Pecahan
ANALISIS PERKEMBANGAN KENDARAAN BERMOTOR DI BALI MENGGUNAKAN HOLT’S SMOOTHING MODEL Satya Adi Wiryanata, I Komang; Candiasa, I Made; Suarsana, I Made
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan perkembangan kendaraan bermotor di Bali dengan menerapkan Holt’s Smoothing Model. Data jumlah kendaraan bermotor di Bali tahun 1996-2019 bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menunjukkan adanya pola trend, sehingga Holt’s Smoothing Model dapat digunakan untuk menganalisis perkembangan kendaraan bermotor di Bali. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh rata-rata persentase error (MAPE) prediksi yang dihasilkan pada masing-masing konstanta smoothing ( ) sebesar 4,25%, ( ) sebesar 3,99%, ( ) sebesar 4,05%, ( ) sebesar 4,18%, ( ) sebesar 4,21%, ( ) sebesar 3,79%, ( ) sebesar 3,86%, ( ) sebesar 4,02%, dan ( ) sebesar 4,22%. MAPE yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi yang sangat baik yang artinya metode ini dapat digunakan untuk meramalkan perkembangan kendaraan bermotor di Bali. MAPE terkecil didapatkan saat menggunakan konstanta smoothing ( ), sebesar 3,79%. Berdasarkan nilai MAPE terkecil yaitu 3,79% dengan tingkat keakuratan peramalan adalah 100%-3,79%= 96,21% kemudian dilakukan prediksi perkembangan kendaraan bermotor di provinsi Bali pada tahun 2020, 2021, dan 2022, sehingga diperoleh jumlah kendaraan bermotor di Bali tahun 2020 sebanyak 4.579.208 kendaraan, tahun 2021 sebanyak 4.806.407 kendaraan, dan tahun 2022 sebanyak 5.033.606 kendaraan. Kata-kata kunci: Kendaraan Bermotor di Bali; Peramalan; Holt’s Smoothing Model
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DAN NON VISUALPADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP DENGAN TEORI VAN HIELE Romika, Romika
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu cara yang baik untuk meningkatkan kualitas siswa dalam memahami setiap materi ajar yang diterima. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika yaitu materi bangun ruang sisi datar khususnya materi balok dan kubus dengan menggunakan media visual dan non visual dengan teori  Van Hiele. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif, dimana setiap hasil dari analisis ini akan diungkapkan secara lebih cermat dan jelas tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMPN 1 Meulaboh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan validitas konstruk yaitu dengan cara memvalidkan kepada 2 orang dosen yang berkaitan.  Dari penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa di SMPN 1 Meulaboh dalam pembelajaran menggunakan media visual dan nonvisual dengan teori Van Hiele telah mencapai tingkat yang tinggi yaitu yang memiliki nilai dari 81-100 (tergolong sangat tinggi) adalah 13 orang yaitu sebesar 54,16%,nilai 61-80 (tergolong tinggi) 2 peserta didik sebesar 8,3% , yang memiliki nilai dari 41-60 (tergolong cukup)  adalah 2 peserta didik yaitu sebesar 8,3 %. Peserta didik yang memiliki nilai dari 21-40 (tergolong rendah) adalah 4 peserta didik yaitu sebesar 16,6 %,  dan yang terakhir nilai dari 0-20 (tergolong sangat redah) adalah 3 orang beserta didik yaitu sebesar 12,5% siswa tidak memiliki nilai. Sesuai hasil yang telah diperoleh maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa di SMPN 1 Meulaboh memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dengan 15 atau 62,46% siswa telah bisa menyelesaikan soal yang telah diteskan, siswa-siswa tersebut sudah mampu memahami dengan baik apa yang ditampilkan dari soal tes yang di diberikan. Walaupun dalam proses penyelesaian soal siswa juga mendapat kesulitan, namun sudah cukup baik. Siswa di SMPN 1 Meulaboh telah mampu mencapai  tahap deduksi yaitu tingkat ke 3 (deduksi) dari 4 tingkatan yaitu ada tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (abstraksi), tingkat 3 (deduksi)  dan tingkat 4 (rigor) ,walaupun ada juga beberapa orang siswa yang masih kurang dalam tahap deduksi ini.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Visual,  Non Visual.
PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP Wijaya, Ariska Juwita; Pujiastuti, Heni
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequi valent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswauntukkelaskontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung> ttabel(1,917> 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46. Kata-kata kunci:Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL 4-D UNTUK KELAS INKLUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Dian Kristanti; Sri Julia
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): MAJU : Jurnal IlmiahPendidika Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang valid, efektif, dan praktis untuk kelas inklusi yang dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Swasta Darun Nizham Kabupaten Aceh Jaya, salah satu kelas inklusi yang terdiri dari 7 siswa non berkebutuhan khusus dan 1 siswa berkebutuhan khusus dengan karakteristik lamban belajar (slow learner) dan cenderung pasif. Langkah-langkah pembelajaran model Think Pair Share (TPS) dalam penelitian ini yaitu: berpikir, berpasangan, dan berbagi dalam diskusi kelas. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan antara lain: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang berisi video pembelajaran, LKS, dan asesmen dalam pembelajaran. Hasil validasi, uji coba perangkat pembelajaran, dan hasil wawancara menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dihasilkan valid, efektif, dan praktis sesuai kriteria yang ditetapkan dan dapat meningkatkan minat siswa di kelas inklusi. Kata-kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, think pair share, inklusi, minat. 
ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA Realita Ajeng Pangestu; Sutirna Sutirna
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa kelas IX SMPN 2 Telukjambe Timur  Kabupaten Karawang tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument non tes yaitu berupa angket berjumlah 20 pernyataan yang mencangkup empat indikator yaitu percaya kepada kemampuan diri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif dan berani mengemukakan pendapat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa tingkat kepercayaan diri siswa terhdap pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Kata Kunci: Pembelajaran matematika, Percaya diri, Matematika
KORELASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 BANDA ACEH Rita Novita
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika memilliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah untuk melatih siswa berfikir dan mengembangkan kreatifitasnya dalam memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika berkaitan erat dengan prestasi belajar siswa. Namun, bukti keterkaitan ini perlu dijabarkan secara ilmiah, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan prestasi belajar siswa. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan soal-soal pemecahan masalah yang sudah valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 117 orang. Adapun sampel yang dipilih secara acak dalam penelitian ini berjumlah 30 orang (26% populasi). Data dikumpulkan dengan cara  memberikan soal pemecahan masalah matematis yang diolah dengan menggunakan analisis statistik uji korelasi dengan α = 0,05. Hasil korelasi yang diperoleh adalah r = 0,76. Maka berdasarkan pada tabel 4.8 nilai korelasi antara kemampuan pemecahan masalah (X) dan perestasi belajar siswa (Y) berada pada kategori tinggi.

Page 1 of 28 | Total Record : 273