MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2017): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUBU’ AL-MUJAYYAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENALAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2016/2017

Ellya Hafni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Abstrak : Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatka aktivitas belajar matematika siswa? Apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan menalar siswa? Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Untuk mengetahui apakah media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatka kemampuan menalar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang berjumlah 41 orang, dengan jumlah siswi 24 orang dan jumlah siswa 17 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat kemampuan menalar siswa yaitu berbentuk uraian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar matematika siswa. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan menalar siswa pada pokok bahasan Gradien Persamaan Garis lurus dengan tes awal 41% dan pada siklus I meningkat menjadi 54% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. Atau ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil tes awal diperoleh 17 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 dan pada siklus I diperoleh menjadi 11 siswa, dan pada siklus II menjadi 3 siswa. Dan dapat dilihat dari ketidaktuntasan siswa pada tes kemampuan awal memperoleh 59% dan siklus I 46% dan pada siklus II memperoleh 13%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Rubu’ Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan menalar siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan 2016/2017.      Kata Kunci : Kemampuan Belajar Matematika, Media Rubu’ Al-Mujayyab

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...