MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA KELAS 4 SDN MANGUNSARI 05

Tutut Rahmawati (Unknown)
Gamaliel Septian Airlanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dalam proses belajar dan hasil belajar di SDN Mangunsari 05 belum mencapai tujuan pembelajarn, hal ini dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan tidak menyesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa. oleh sebab itu dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup mencakup 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Peningkatan aktivitas belajar matematika terlihat pada kondisi awal/pra siklus hanya 65%, kemudian pada  pada siklus I pertemuan I persentase aktivitas 70%, siklus I pertemuan II 90%. Pada siklus II pertemuan I persentase aktivitas siswa mencapai 80% dibanding siklus I, sedangkan pada siklus II pertemuan II persentase akativitas siswa mencapai 100% atau naik 10%. siklus I terlihat peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa dengan presentae 77,5% dan 9 siswa ysng nilainya belum tuntas atau dibawah KKM 70 dengan presentase 33,5%. siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 70 sebanyak 33 siswa dengan pesentase 82,5%, dan terdapat 7 siswa yang masih dibawah KKM 70 atau belum tuntas dapat ditulis dengan presentase 17,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)  dapat meeningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...