MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

LEVEL BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Eko Syaiful Anwar (Unknown)
Teguh Wibowo (Unknown)
Isnaeni Maryam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana level berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika dengan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan subjek dengan teknik purposive. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas VIII SMP tahun pelajaran 2019/2020 yang memiliki kemampuan tinggi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kreatif siswa pada materi geometri dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu (1). reduksi data, (2). penyajian data, dan (3). menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi memiliki level berpikir kreatif level 3 (kreatif). Siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dapat memenuhi dua indikator dari tiga indikator yang peneliti gunakan. Indikator tersebut adalah indikator kefasihan dan fleksibilitas. Indikator kefasihan ditunjukkan dengan siswa mampu memberikan jawaban yang beragam. Indikator fleksibilitas ditunjukkan dengan siswa mampu memberikan banyak cara atau pendekatan dalam menyelesaikan masalah matematika.  Kata-kata kunci: berpikir kreatif, penyelesaian masalah, RME  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...