Salah satu materi pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum SD adalah “ Pengkuadratan dan Penarikan akar”. Kemampuan murid dalam memahami materi " Pengkuadatan dan Penarikan akar ” sangat mempengaruhi kepada keberhasilan murid itu dalam mempelajari materi matematika yang lain yang ada kaitannya dengan materi " Pengkuadratan dan Penarikan akar”. Apalagi untuk melanjutkan pelajaran ke Perguruan tinggi (PT), baik yang mengambil spesialisasi ekonomi, keteknikan maupun yang melanjutkan pendidikan ke bidang matematika, maka hampir sebagian besar materi perkuliahan banyak didasarkan kepada konsep "Pengkuadratan dan Penarikan akar". Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan kemampuan murid kelas V SD Negeri Lawa Batu tentang materi pengkuadratan dan penarikan akar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dalam upaya meningkatkan pengetahuan murid kelas V SD Negeri Lawa Batu materi pengkuadratan dan penarikan akar . Hasil penelitiannya adalah Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode jigsaw mengalami kemajuan serta meningkat cukup baik. Khususnya pada pokok bahasan konsep pengukuran dan penarikan akar, siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih baik dan aktif serta komunikatif baik dengan Peneliti maupun teman sendiri. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode jigsaw cukup baik. Mereka menjadi termotivasi melakukan percobaan untuk menemukan konsep-konsep ilmu pengetahuan sehingga bermanfaat bagi mereka guna meningkatkan daya kreatifitas dalam meningkatkan gagasan dan ide-ide baru dalam konteks lebih luas. Kata Kunci : Metode Jigsaw, Pengkuadratan Dan Penarikan Akar,Penerapan Pembelajaran
Copyrights © 2019