MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2020): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED

Laras Sekar Ayu (Unknown)
Moch Ilyas Moharom (Unknown)
Luvy Sylviana Zanthy (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal Open-Ended. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XII Animasi di Kota Cimahi, sample berjumlah 19 siswa yang selanjutnya dianalisis hasil jawabannya. Dari data yang sudah didapat lalu dipresentasekan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 5 butir soal dan wawancara secara langsung. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa didapat bahwa sebagian besar siswa dalam satu kelas yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis, adapun sebagian kecil siswa dalam kategori tidak kreatif dikarenakan adanya beberapa kendala, salah satunya adalah kendala imajinasi.  Kata-kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Open-Ended.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...