ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit, sedangkan sampel adalah kelas XI MIA.1 sebanyak 35 orang siswa, yang diambil secara acak. Adapun instrument penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data dianalisis sesuai dengan tingkat capaian tujuan efektivitas model pembelajaran Take and Give menggunakan statistik inferensial, aspek pemahaman siswa menggunakan statistik deskriptif dan aspek sikap menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take and Give mencapai kelulusan 89,75% dan minat belajar siswa dengan model pembelajaran Take and Give mencapai 83,02%. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit pada topik lingkaran adalah efektif. Kata Kunci: pembelajaran matematika, model pembelajaran take and give
Copyrights © 2019