MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI LINGKARAN

Abu rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit, sedangkan sampel adalah kelas XI MIA.1 sebanyak 35 orang siswa, yang diambil secara acak. Adapun instrument penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data dianalisis sesuai dengan tingkat capaian tujuan efektivitas model pembelajaran Take and Give menggunakan statistik inferensial, aspek pemahaman siswa menggunakan statistik deskriptif dan aspek sikap menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Take  and  Give  mencapai kelulusan 89,75% dan  minat belajar siswa dengan  model  pembelajaran Take  and  Give  mencapai  83,02%. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Take and Give pada kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit pada topik lingkaran adalah efektif. Kata Kunci: pembelajaran matematika, model pembelajaran take and give 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...