Jurnal Pendidikan
Vol 29, No 2 (2020)

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Sri Hartatiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 75,0 mencapai ≥ 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi Menampilkan Partisipasi dalam Pembelaan Negara siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 56,25%, pada siklus I, 25 siswa atau 78,12% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 74,56 setelah tindakan siklus I sebesar 77,81 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,88.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...