cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 201 Documents
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Sri Hartatiningsih
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.528 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i2.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 75,0 mencapai ≥ 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi Menampilkan Partisipasi dalam Pembelaan Negara siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 56,25%, pada siklus I, 25 siswa atau 78,12% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 74,56 setelah tindakan siklus I sebesar 77,81 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,88.
Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2019/2020 haryanti haryanti
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.339 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1541

Abstract

Latar belakang diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah data nilai rata rata ulangan harian sebesar 67. Rendahnya nilai rata-rata kelas disebabkan oleh siswa kurang antusias mengikuti pelajaran IPA dikarenakan kurang tepatnya metode, model ataupun strategi yang digunakan guru dalam mengajar IPA   Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Numbered Heads Together  (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan benda pada siswa kelas VI SD siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Agustus 2019 sampai Desember 2019. Subjek  penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa Sekolah SD Negeri Cemani  03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu kegiatan belajar dalam rangka  meningkatkan prestasi belajar IPA perubahan benda siswa kelas VI Sekolah SD Negeri Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran NHT. Pada pelaksanaan PTK ini, peneliti akan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data. Ketiga teknik tersebut diharapkan bisa dikolaborasikan sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  penerapan model pembelajaran NHT di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan benda siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 terbukti kebenarannya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 59% pada kondisi awal meningkat menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan belajar peningkatan kriteria ketuntasan secara klasikal juga sudah tercapai.Kata Kata Kunci: NHT, prestasi belajar, perubahan benda
Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Cerkak Aku, Dasamuka, Lan Sengkuni Karya Parpal Poerwanto: Tinjauan Semiotik Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Negeri Polokarto 01 . Sularmi
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.117 KB) | DOI: 10.32585/jp.v28i3.481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Struktur Cerita pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” (2) Nilai Pendidikan Karakter pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”, dan (3) Implementasinya nilai pendidikan karakter pada studi literatur di SDN POLOKARTO. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, sumber utama yang terdiri dari teks antologi cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni”. Sumber data adalah antologi cerpen dari buku “Aku, Dasamuka lan Sengkuni”, buku Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, silabus, rencana pelajaran, guru jawa, dan siswa. Teknik analisis data adalah pembacaan semiotik bacaan heuristik dan hermeneutika. Hasil penelitian ini adalah: (1) Analisis struktur pada Antologi Cerpen “Aku, Dasamuka, lan Sengkuni” adalah: a) menggunakan plot progresif, b) menggunakan , kaki tangan, protagonis, antagonis, dan karakter netral, c) menggunakan latar belakang tempat, waktu dan latar belakang sosial, d) menggunakan orang pertama utama, orang pertama kaki, orang ketiga terbatas, dan sudut pandang orang ketiga terbatas, e) menggunakan idiom atau gaya frase, f) menggunakan nada datar dan regangan, g) menggunakan simbol seperti landhep dhengkul, karung nglumpruk, kamsum, Dasamuka lan Sengkuni, dan nomor polisi; (2) Karakter yang termasuk dalam cerita pendek, Aku, Dasamuka, dan Sengkuni adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) ingin tahu, (f) persahabatan /komunikatif. (3) Pelaksanaan penelitian ini untuk studi literatur scool SMP: berdasarkan kurikulum KTSP Bahasa Jawa (2006), bahan yang dibangun berdasarkan pada indikator bahwa siswa dapat menjangkau mereka dengan memperhatikan kemampuan siswa yang diterima dalam budaya Jawa. Pertama, merancang rencana pelajaran untuk pembelajaran. Rencana pelajaran dibuat berdasarkan silabus. Berkenaan dengan kurikulum, surat cerita pendek leraning adalah siswa di kelas lima semester kedua berdasarkan kompetensi pemahaman teks cerita pendek. Nilai-nilai pendidikan karakter adalah: (a) religius, (b) jujur, (c) toleran, (d) bertanggung jawab, (e) rasa ingin tahu dan (f) persahabatan / komunikatif.
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Team Assisted Individualization SD Negeri Bendosari 03 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 Resmiyati Resmiyati
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.136 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i1.1247

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Dari  8 siswa kelas IV hanya  4 orang yang tuntas dalam mengerjakan tes pada kondisi awal dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, dengan rata rata nilai 66. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan prestasi belajar IPS pada materi aktivitas ekonomi  siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pelaksanaan dilaksanakan melalui tahapan dua siklus, Pelaksanaan Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo pada siswa kelas IV semester 2. Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Januari 2019  sampai dengan Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam  tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian berupa hasil tes siswa kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui model Team Assisted Individualization, prestasi belajar IPS Materi Aktivitas  Ekonomi Siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Semester 2, Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dapat meningkatkan”  .Kata-kata Kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, IPS
Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Bagi Guru Kelas dan Mata Pelajaran Di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Melalui Supervisi Akademik Metode Direktif Semester II Tahun 2021 daliyo spd
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.89 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif guna meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP; dan 2) meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali melalui supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 selama 3 (tiga) bulan. Subjek penelitian adalah 8 (delapan) orang guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik pendekatan kelompok dengan metode direktif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP adalah sebagai berikut: a) Menyampaikan pengumuman kepada guru tentang akan dilaksanakannya kegiatan supervisi akademik mengenai peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan RPP; b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13; c) Menyampaikan materi bimbingan tentang cara penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13 dengan benar; dan d) Mempersiapkan instrumen supervisi baik instrumen wawancara maupun instrumen pengamatan; 2) Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif dapat meningkatkan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil penilaian RPP yang diperoleh guru maupun jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil penilaian RPP mengalami peningkatan dari sebesar 67.95 pada kondisi awal, meningkat menjadi 74.55 pada tindakan Siklus I, dan kemudian meningkat menjadi 81.12 pada tindakan Siklus II. Jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) mengalami peningkatan dari sebanyak 31.25% pada kondisi awal, meningkat menjadi 50.00% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 81.25% pada tindakan Siklus II.Kata-kata Kunci: Penyusunan RPP, supervisi akademik, pendekatan kelompok,                                    metode direktif
Mengganggas Pengelolaan Pendidikan Menengah Berbasis Ramah Lingkungan dalam Upaya Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Suyahman .
JURNAL PENDIDIKAN Vol 28, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.264 KB) | DOI: 10.32585/jp.v28i2.340

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gagasan pengelolaan pendidikan menengah berbasis ramah lingkungan dalam upaya menghadapi Revolusi industri 4.0 di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Guru dan siswa SMA Se Kabupaten sukoharjo Tahun 2019, dan objeknya adalah pengelolaan pendidikan menengah dan Revolusi industri 4.0. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif terdiri dari 4 langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian : bermenengahkan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan dari tanggal 20-15 Mei 2013 ditemukan hal-hal sebagai berikut: banyaknya kasus tawuran antar SMA, adanya gang-gang di SMA, banyaknya guru yang galak dan otoriter, suasana sekolah yang tidak kondosif, kurangnya diberikan kesempatan siswa untuk berapresiasi, kurangnya kekompakan guru di sekolah, sekolah yang menutup diri dari saran pendapat siswa dan orang tua. Kondisi sekolah yang demikian menjadi factor penyebab siswa tidak nyaman, dan krasan di sekolah. Jika dibiarkan dapat menjadi problem yang besar bagi sekolah sehingga sekolah tidak dapat mewujudkan visi, misi dan tujuan secara maksimal. Kenyataan ini harus dicarikan solusinya salah satu pemecahannya yaitu dilakukan perubahan system pengelolaannya berbasis ramah lingkungan. Sekolah dengan pengelolaan berbasis ramah lingkungan dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk menyiapkan siswanya menghadapi dampak Revolusi industri 4.0. Simpulannya bahwa sekolah SMA di kabupaten sukoharjo saat ini system pengelolaannya belum berorientasi pada ramah lingkungan sehingga kurang dapat membekali siswanya dalam menghadapi dampak Revolusi industri 4.0
Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Salma Rahma Chrisya Adriani; Sinung Khoirot; Dr. Sawitri, S.Sn., M.Hum; Nurjanah Nurjanah
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.04 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i1.1162

Abstract

Penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meluas dan memakan banyak korban. Salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus ini adalah membuat kebijakan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk belajar di rumah tetapi pembelajaran tetap terus berjalan yakni dengan cara pengajar dan peserta didik menggunakan media daring atau online, pembelajaran tatap muka harus diubah menjadi pembelajaran online dan proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office 365. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak apa yang terjadi dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Selain itu penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui tanggapan dari para siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoahrjo dalam hal proses pengajaran yang diterapkan semenjak pandemi ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan perspektif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui banyak sekali dampak yang diperoleh baik teknis maupun guru mengetahui bahwa siswa kurang puas, siswa kurang puas dengan metode PJJ yang mereka gunakan saat ini, dan guru juga kurang puas dengan kemampuan guru menyampaikan materi ke siswa. Kata-kata Kunci: dampak pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, covid-19.
MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN farah nayla maulidiyah
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.003 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i2.647

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan pengaruh penerapan media pembelajaran multimedia interaktif sebagai bahan ajar siswa tunagrahita ringan.. Paper ini merupakan hasil telaah dari artikel-artikel sebelumnya yang terkait dengan anak tunagrahita ringan,. Paper ini ditulis untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan media multimedia interaktif terhadap kemampuan motorik, berbentuk video dan adobe flash terdahap motivasi belajar siswa tunagrahita ringan 
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Darmi Darmi
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.069 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i3.1015

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IXC semester 1 SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2019 di SMP Negeri 1 Bulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXC sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes tertulis. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir soal tes, dan dokumen daftar nilai. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai bahasa Inggris rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 70,14, pada siklus I sebesar 75,25 dan pada siklus II sebesar 803. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 53,1%, siklus I sebesar 71,8% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks procedure bahasa Inggris siswa kelas IXC semester 1 SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/2020”.
Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Djaja Hendra
JURNAL PENDIDIKAN Vol 29, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.666 KB) | DOI: 10.32585/jp.v29i1.596

Abstract

Perubahan, bagaimana pun adalah suatu keniscayaan dan tidak pernah ada sesuatu di dunia ini yang tidak berubah. Tinggal, bagaimana orang, siap atau tidak, dalam menerima perubahan. Bagi mereka yang tidak siap menerima perubahan, tentu akan tertinggal di belakang atau menghindari perubahan dengan meninggalkan panggung pergaulan kehidupan. Perguruan tinggi adalah suatu sosok kehidupan yang siap untuk menerima perubahan tersebut. Khalayak pun sangat memahami dan menyadarinya. Itulah sebabnya, Revolusi Industri 4.0 meskipun baru, tentu perguruan tinggi siap untuk menerimanya. Namun jika dicermati, ternyata, kesiapan menerima Revolusi Industri 4.0 adalah sesuatu yang tidak ada kaitan langsung dengan perguruan tinggi dimaksud. Ia seperti lembaga yang lain, tentu dengan senang hati menerimanya, termasuk dalam pikiran-pikiran perguruan tinggi. Namun, jika sesuatu perubahan berkaitan langsung dengan dirinya, persoalannya, menjadi tidak mudah, apalagi jika sampai memasukkan dalam pikiran-pikirannya.

Page 1 of 21 | Total Record : 201