Jurnal Pendidikan
Vol 30, No 1 (2021)

Peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Melalui Model Team Assisted Individualization SD Negeri Bendosari 03 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Resmiyati Resmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Dari  8 siswa kelas IV hanya  4 orang yang tuntas dalam mengerjakan tes pada kondisi awal dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, dengan rata rata nilai 66. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan prestasi belajar IPS pada materi aktivitas ekonomi  siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Pelaksanaan dilaksanakan melalui tahapan dua siklus, Pelaksanaan Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo pada siswa kelas IV semester 2. Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu dari Januari 2019  sampai dengan Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam  tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data penelitian berupa hasil tes siswa kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui model Team Assisted Individualization, prestasi belajar IPS Materi Aktivitas  Ekonomi Siswa Kelas IV SD Negeri Bendosari 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Semester 2, Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti dapat meningkatkan”  .Kata-kata Kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, IPS

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...