Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
Vol 7, No 1 (2021)

Efektivitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Model Learning Cycle 5E Berbantuan Adobe After Effects Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA

Kurniawan, Ade (Unknown)
Sari, Milya (Unknown)
Jannah, Raudhatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas video pembelajaran fisika berbasis model learning cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Desain yang digunakan adalah one shot case study. Intrumen yang digunakan yaitu tes untuk melihat kemampuan literasi sains peserta didik dan angket untuk melihat persepsi peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas XI IA 7 SMA N 2 Kota Solok. Hasil penelitian mengembangkan video pembelajaran fisika berbasis model learning cycle 5E sangat efektif mengembangkan kemampuan literasi sains peserta didik. Hasil tes literasi sains dari aspek kompetensi sains dengan rata-rata 75 dan aspek pengetahuan sains yaitu 82,75. Sedangkan untuk angket persepsi peserta didik diperoleh rata-rata 90,67% untuk perserpsi menemukan hipotesis dan mudah memecahkan masalah, serta 89,33% peserta didik memahami konsep fisika. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran fisika berbasis learning cycle 5E berbantuan adobe after effect sangat efektif mengembangkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naturalscience

Publisher

Subject

Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics Other

Description

Jurnal Natural Science ini memuat artikel yang membahas aspek pendidikan Fisika, metode, model pembelajaran IPA Fisika, inovasi-inovasi pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan aspek fisika murni. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, laporan studikasus, kajian dan tinjauan ...