JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN 113 KAB. HALMAHERA SELATAN

Iswan E Tawari (Unknown)
Ode Zulaeha (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 7 perempuan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Kesimpulan bahwa melalui penggunaan media gambar dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 113 Kab.Halmahera Selatan. Hal ini dapat dilihat pada tindakan siklus I, menunjukkan dari 20 siswa terdapat 13 siswa atau (72%) mendapatkan nilai 6, dan 7 siswa (28%) yang mendapat nilai 7. Dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan di mana asil evaluasi terdapat 2 siswa mendapatkan nilai 6,7 dan 18 mendapatkan nilai 7 dan secara keseluruhan rata-rata kelas mejadi 7,50 atau 80% siswa mencapai nilai baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...