MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2019): MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON

Hadist Awalia Fauzia (Unknown)
Nyoto Harjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ledok 05 Salatiga pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 mulai dari bulan September sampai bulan Desember 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan observasi kegiatan pembelajaran matematika dapat diamati bahwa sebagian besar siswa belum memahami pembelajaran matematika khususnya pada materi kecepatan dan debit sehingga memengaruhi hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada materi kecepatan dan debit melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas 5 SD Negeri Ledok 05 Salatiga semester I tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada proses pembelajaran ada peningkatan aktivitas guru dari prasiklus 75,88%, siklus I menjadi 85%,dan siklus II meningkat menjadi 92%. Seiring dengan peningkatan aktivitas guru, rata-rata skor siswa juga mengalami peningkatan, pada prasiklus 65%, siklus I menjadi 75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,25%.  Hasil belajar siswa prasiklus rata-rata 56, siklus I menjadi 76, siklus II meningkat menjadi 80. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui adanya peningkatan proses dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...