MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2019): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 3 SEUNAGAN

Abdullateh Abdullateh (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Penelitian ini dilakukan di Kelas XI/IPS1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus semester ganjil 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Silabus, Rencana Pelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Tes formatif. peneilitian ini menunjukkan bahwa metode kontekstual berbasis masalah pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru untuk menghadapi ujian kenaikan kelas (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing  65,71%, 71,14%, dan 88,57%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kata-kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, PTK, PBL

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...