Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Penelitian ini dilakukan di Kelas XI/IPS1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus semester ganjil 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Silabus, Rencana Pelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Tes formatif. peneilitian ini menunjukkan bahwa metode kontekstual berbasis masalah pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru untuk menghadapi ujian kenaikan kelas (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 65,71%, 71,14%, dan 88,57%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kata-kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, PTK, PBL
Copyrights © 2019